Bupati Perintahkan Satpol PP Tertibkan Tambang Liar Yang Resahkan Masyarakat

Daerah  RABU, 22 MEI 2019 , 21:20:00 WIB

Bupati Perintahkan Satpol PP Tertibkan Tambang Liar Yang Resahkan Masyarakat
RMOLBabel.Satpol PP Pemkab Bangka diminta segera menindak tegas aktivitas penambangan liar yang merambah kawasan hutan serta aliran sungai yang membuat resah warga.
"Kita kerahkan Satpol PP untuk menertibkan kawasan kawasan yang ditambang dan menimbulkan keresahan masyarakat kita,"kata Bupati Bangka, Mulkan, Rabu (22/5).

Dikatakan Bupati, perizinan penambangan sendiri kewenangannya berada di Provinsi. Kendati demikian, pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan pihak Pemprov yang memiliki Tim Peti guna melakukan penertiban.

"Karena yang pertama mereka memiliki Tim Peti. Tapi kami juga sudah melakukan penertiban penertiban bersama pihak terkait serta melakukan pendekatan kepada penambang penambang ini," katanya.

Ditambahkan Bupati, berbagai upaya telah dilakukan pemda bersama pihak terkait lainnya agar para penambang tidak melakukan penambangan kembali di daerah kawasan yang tidak boleh dilakukan penambang.

Namun upaya persuasif yang dilakukan terkesan tidak membuat efek jera dan para penambang kembali melakukan penambangan pasca penertiban dilakukan.

"Hari ini kita tertibkan, besok nambang lagi. Kadang kadang disini kita merasa susah karena disini orang cari makan," katanya.

Untuk itu, Bupati mengimbau masyarakat daerah ini yang kerap melakukan penambangan secara ilegal untuk mengurus perizinannya agar tidak bersinggungan dengan peraturan yang ada.[Lio] 

Komentar Pembaca