Pemkot Pangkalpinang Sampaikan Raperda Penataan Pemakaman

Daerah  SENIN, 20 MEI 2019 , 18:37:00 WIB

Pemkot Pangkalpinang Sampaikan Raperda Penataan Pemakaman
RMOLBabel. Wakil Walikota Pangkalpinang, Muhammad Sopian menyampaikan tiga Raperda sekaligus dalam rapat paripurna kedua puluh tiga masa persidangan III tahun 2019 DPRD Kota Pangkalpinang, Senin (20/5).
Adapun Raperda yang disampaikan yakni, rencana peraturan daerah tentang perubahan kedua atas peraturan daerah Kota Pangkalpinang Nomor 17 Tahun 2011 Tentang Retribusi dan Jasa.

Kemudian rencana peraturan daerah tentang penyelenggara perpustakaan dan penataan perpustakaan.

"Bahwa pengajuan Raperda tentang perubahan kedua atas peraturan daerah Kota Pangkalpinang nomor 17 tahun 2011 tentang retribusi jasa usaha didasarkan pada adanya perubahan pada beberapa substansi, misalnya jumlah petak dan bangunan kios, tarif retribusi rumah potong hewan, pelayanan kesehatan hingga retribusi kepelabuhan. Dengan adanya penambahan objek ini secara tidak langsung akan meningkatkan pendapatan daerah Pangkalpinang," terangnya.  

Dia melanjutkan, pengajuan Raperda tentang penyelenggara perpustakaan didasarkan pada dikeluarkannya PP nomor 24 tahun 2014 tentang pelaksanaan UU nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan. Tujuannya untuk memperluas wawasan masyarakat, meningkatkan budaya gemar membaca, memberi layanan optimal bagi pemustaka hingga menciptakan daya tarik wisata baca.

"Dengan ini Pemerintah kota (Pemkot) Pangkalpinang berupaya memajukan kebudayaan nasional dan menumbuhkan budaya gemar membaca melalui pengembangan dan pendayagunaanperpustakaan," ungkapnya.

Pengajuan Raperda tentang penataan pemakaman diinisiasi dengan melihat kondisi pemakaman secara umum saat ini kurang tertata, sehingga menyebabkan kesulitan dalam hal penataan dan pengembangan atau perluasan.

"Jumlah penduduk yang semakin meningkat menjadi faktor pendorong Pemkot Pangkalpinang untuk memperluas lahan pemakaman, namun dalam prosesnya agak terhambat perluasan ini karena adanya penolakan dari warga wilayahnya dijadikan pemakaman umum, mudah-mudahan dengan Raperda ini kedepannya pemakaman di Pangkalpinang ini bisa lebih baik," harap Sopian.[Ina]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09