Walikota Gdansk Tewas Ditikam Saat Konser Amal

Ragam  SELASA, 15 JANUARI 2019 , 08:39:00 WIB

Walikota Gdansk Tewas Ditikam Saat Konser Amal

Paweł Adamowicz/Net

RMOLBabel. Walikota Gdansk di Polandia, Paweł Adamowicz tutup usia setelah ditikam di bagian dada di atas panggung saat sebuah konser amal digelar pada Minggu malam (13/1).
Pria berusia 53 tahun itu diketahui memegang jabatan sebagai walikota sejak tahun 1998. Dia segera dilarikan ke rumah sakit dan menjalani lebih dari lima jam operasi semalam. Namun nyawanya tidak dapat diselamatkkan.

"Kami tidak bisa menang," kata Menteri Kesehatan Polandia, asukasz Szumowski pada Senin sore (15/1). Dr Tomasz Stefaniak, direktur rumah sakit tempat Adamowicz dirawat, mengumumkan kabar duka tersebut.

"Dengan penyesalan yang paling dalam kita harus memberi tahu bahwa sayangnya kita kehilangan perjuangan untuk kehidupan presiden kota. Hormatilah ingatannya. Dia meninggal sekarang. Penyebab kematiannya akan diselidiki oleh jaksa," jelasnya seperti dimuat The Guardian.

Tersangka penyerang adalah seorang pria berusia 27 tahun dari Gdansk yang memiliki catatan kejahatan kekerasan. Dia baru saja dibebaskan dari penjara awal pekan lalu.

Adamowicz sendiri merupakan seorang walikota liberal yang populer. Dia telah lama dianggap sebagai tokoh kebencian di kalangan sayap kanan karena pembelaannya yang kuat terhadap para migran dan pengungsi serta hak-hak LGBT, tetapi tidak ada bukti yang muncul bahwa serangan itu bermotivasi politik.

Pembunuhan Adamowicz, walikota enam masa jabatan yang kerap berbaur dengan warga kotanya, membuat Polandia kaget. Di Gdansk, bendera kota diturunkan menjadi setengah tiang dan masa berkabung ditetapkan di hari berikutnya. [mel] 

Komentar Pembaca