Ahli Waris Karyawan PT Timah Korban JT-610 Terima Santunan Dari BPJS Ketenagakerjaan

Daerah  RABU, 05 DESEMBER 2018 , 18:27:00 WIB

Ahli Waris Karyawan PT Timah Korban JT-610 Terima Santunan Dari BPJS Ketenagakerjaan
RMOLBabel. BPJS Ketenagakerjaan Pangkalpinang menyerahkan Santunan kepada Ahli Waris karyawan PT Timah Tbk dan anak perusahaan PT Timah (RSBT) korban maskapai Lion Air JT 610 registrasi PK-LQP, Selasa (4/11) kemarin di ruang sidang utama Kantor pusat PT Timah Tbk.
Karena keempat Karyawan PT Timah saat musibah naas itu sedang menjalankan tugas untuk keperluan perusahaan. Pihak BPJS Ketenagakerjaan memberikan santunan kepada ahli waris berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebesar 48 kali upah yang dilaporkan perusahaan, Biaya Pemakaman, Santunan Berkala yang dibayarkan sekaligus, Beasiswa untuk satu orang anak, Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP) berkala yang dibayarkan kepada ahli waris.

Sedangkan untuk ahli waris karyawati RSBT, Dede Angraini. BPJS Ketenagakerjaan memberikan santunan berupa Jaminan Kematian (JK), Biaya Pemakaman, Santunan Berkala yang dibayarkan sekaligus, beasiswa untuk satu orang anak, Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP) yang dibayarkan berkala untuk ahli waris.

Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Pangkalpinang, Krisna Syarif mengatakan, santunan ini diberikan sebagai wujud tanggung jawab dari negara dalam memberikan perlindungan kepada setiap individu warga negara yang tercatat sebagai peserta program BPJS Ketenagakerjaan.

Krisna menambahkan, untuk jumlah korban Lion Air yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan hanya 12 orang, empat diantaranya termasuk karyawan PT Timah yakni Cosa Rianda Syahab, Tri Yudha Gautama, Nikky, dan Filzaladi, serta satu karyawati RSBT Dede Anggraini.

Krisna mengapresiasi terhadap upaya tertib administrasi yang dilakukan PT Timah dalam melindungi seluruh pekerjanya melalui program BPJS Ketenagakerjaan. "Karena (santunan) ini adalah bagian dari bentuk tanggung jawab negara yang diberikan dari iuran yang dipotong dari gaji setiap individu,'' ucapnya.

Dirut PT Timah M Riza Pahlevi Thabrani juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada BPJS Ketenagakerjaan karena santunan ini dinilai sangat bermanfaat untuk biaya pendidikan anak-anak dan masa depan  ahli waris untuk tetap melanjutkan hidupnya.

"Semoga santunan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, bisa digunakan untuk pendidikan putra putri keluarga korban dan juga untuk masa depan," ujar Riza usai prosesi penyerahan santunan secara simbolis.

Sementara itu, Kepala Disnaker Bangka Belitung, Ceppy Nugraga menghimbau kepada setiap perusahaan untuk mendaftarkan pekerjanya di BPJS Ketenagakerjaan seperti yang telah dilakukan oleh PT Timah kepada setiap karyawannya.

"Apabila tidak menjadi anggota kan sulit untuk memberikan jaminan kepada keluarganya itu. BPJS sangat bermanfaat dan bisa mengurangi beban keluarga yang ditinggalkan," ungkapnya. [hun] 

Komentar Pembaca
Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:00:00

Pemerintah Mau Amputasi KPK?

Pemerintah Mau Amputasi KPK?

SELASA, 11 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017