Boeing Segera Keluarkan Safety Warning 737 Max

Ragam  KAMIS, 08 NOVEMBER 2018 , 14:05:00 WIB

Boeing Segera Keluarkan <i>Safety Warning</i> 737 Max

Foto: Net

RMOLBabel. Boeing segera akan mengeluarkan safety warning ke semua maskapai operator jet 737 Max mereka yang baru. Hal ini untuk merespon hasil investigasi awal terhadap kecelakaan fatal yang menimpa Lion Air dengan 189 orang di dalamnya.  
Isi peringatan kurang lebih menyatakan ada kekeliruan pada sistem flight-monitoring yang bisa menyebabkan pesawat menukik ke bawah secara tiba-tiba.

"Boeing akan memperingatkan pilot untuk mengikuti prosedur yang ada untuk menangani masalah ini," kata sumber yang akrab dengan masalah ini, mengutip Bloomberg, Kamis (8/11).

Dalam keadaan tertentu, seperti ketika pilot terbang secara manual, jet Boeing seri Max akan secara otomatis berusaha menurunkan hidung pesawat jika mendeteksi bahwa aerodynamics stall yang menyebabkan mati mesin mungkin terjadi.

Salah satu cara kritis pesawat menentukan apakah stall hampir terjadi melalui pengukuran yang dikenal sebagai angle of attack (AOA), yang merupakan perhitungan sudut di mana angin melintas di atas sayap.

Lion Air 737 Max 8 terjun ke Laut Jawa pada Senin (29/10) pekan lalu, 13 menit setelah tinggal landas, hidung pesawat tiba-tiba menukik ke bawah. Berdasarkan investigasi awal, kemungkinan kecepatan PK-LQY 600 mil per jam atau sekitar 965 km/jam sebelum membanting masuk ke dalam air.

Pilot lewat radio meminta kembali (return to base) ke Jakarta untuk mendarat, tetapi tidak pernah kembali ke bandara Soekarno-Hatta, menurut Komite Keselamatan Transportasi Nasional Indonesia dan data jalur penerbangan. KNKT menyatakan ada masalah pada airspeed indicator. [wid]

Komentar Pembaca
Pemprov DKI Segera Cairkan Bonus Atlet Asian Games
Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 17:00:00

Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 17:00:00