1000 Generasi Millenial Diajak Jadi Relawan Pengawas Partisipatif Pemilu 2019

Politik  MINGGU, 04 NOVEMBER 2018 , 04:29:00 WIB

1000 Generasi Millenial Diajak Jadi Relawan Pengawas Partisipatif Pemilu 2019
RMOLBabel. Rintik-rintik hujan yang mengguyur Kota Pangkalpinang tak menyurutkan semangat generasi millenial untuk mengikuti Deklarasi Gerakan Masyarakat Pengawasan Partisipatif (Gempar) Pemilu 2019 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Babel, Sabtu malam (3/11) di Alun-Alun Taman Merdeka Pangkalpinang.
Ketua Bawaslu Babel Edi Irawan dalam sambutannya mengatakan, sekitar 1000 Relawan Gempar Pemilu 2019 hadir dalam pertemuan ini untuk selanjutnya dikukuhkan dan melakukan deklarasi agar nantinya dapat membantu tugas Bawaslu dalam melakukan pengawasan untuk proses dan hasil pemilu yang berkualitas.

"Setiap tahapan pemilu harus dipastikan dengan jujur dan adil. Pengawasan ini bukan hanya tanggung jawab Bawaslu. Tapi harus ditunjang oleh lainnya. Pengawasan pemilu secara umum merupakan tanggung jawab bersama," ujarnya.

Untuk itu tambahnya, Bawaslu berusaha merangkul semua elemen, komunitas, dan simpul masyarakat dalam pengawasan partisipatif.

"Masyarakat tak hanya sebagai objek ataupun menggunakan hak pilih tapi juga sebagai subjek untuk ikut mengawasi," ungkapnya.

Relawan yang telah dibentuk ini pun lanjutnya, diharapkan dapat menyampaikan terkait pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu atau masyarakat, serta bisa  mensosialisasikan terkait hal-hal yang dilarang dalam pemiliu, misalnya money politik.

"Masyarakat bisa berpartisipasi melakukan pengawas sesuai dengan status sosial mereka. Kami harap Pemilu 2019 dapat berjalan sesuai dengan aturan UU," demikian Edi.

Sementara itu, Ketua Bawaslu RI Abhan apresiasi setinggi-tingginya dengan semangat generasi millenial yang hadir kendati dalam kondisi hujan rintik-rintik.

"Kita masih melihat semangat rekan-rekan semua. Ini sebagai bukti bahwa ada semangat dari kawan-kawan ingin mewujudkan pemilu yang berintegritas dan bermartabat," ujarnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk menjadi pemilih cerdas. "Jadilah pemilih yang rasional, pemilih yang cerdas, datang ke TPS bukan karena iming-iming tapi merupakan tanggung jawab sosial," demikian Adhan. [hun]

Komentar Pembaca
Pemprov DKI Segera Cairkan Bonus Atlet Asian Games
Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 17:00:00

Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 17:00:00