Data BPS Soal Surplus Beras Dipertanyakan

Ekbis  RABU, 31 OKTOBER 2018 , 23:11:00 WIB

Data BPS Soal Surplus Beras Dipertanyakan

Foto/Net

RMOLBabel. Surplus beras sebanyak 2,85 juta ton versi Badan Pusat Statistik (BPS) dinilai kurang kredibel.
Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA), Winarno Tohir mengatakan pihaknya tidak akan berpolemik tentang data surplus beras yang dikeluarkan BPS tahun 2018 kemarin. Hanya saja, pihaknya mempertanyakan mengapa data tersebut tidak mencantumkan data surplus beras di tahun sebelumnya.

"Rilis yang dikeluarkan BPS kemarin oke kita terima, hanya saja data tahun 2017 kenapa tidak dicantumkan juga?" tanya Winarno saat dihubungi sesaat lalu, Rabu (31/10).

Winarno menjelaskan, selama ini BPS memang tidak pernah mengeluarkan rilis data surplus beras. Bila memang ingin menghitung data surplus beras maka BPS harus mencantumkan data di tahun sebelumnya.

Kata Winarno, tahun 2017 lalu Sucofindo pernah mengeluarkan rilis data suprlus beras. Dimana disebutkan bahwa terdapat stok beras sebanyak 5,56 juta ton di 15 juta keluarga petani. Sementara itu juga terdapat 2,7 juta ton di tingkat masyarakat. Bila dijumlahnya maka total surplus beras Indonesia di tahun 2017 lalu adalah 8,1 juta ton.

Winarno menegaskan, jika data surplus beras versi BPS tidak bisa berdiri sendiri. Ia mengimbau BPS segera merevisi data tersebut dengan mencantumkan data surplus beras di tahun sebelumnya.

"Datanya harus ditambahkan. Kalau rilisnya surplus 2,85 juta ton maka harus ditambahkan dengan tahun 2017 juga," pungkasnya. [lov]

Komentar Pembaca
RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 12:31:48

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15