Dendeng Jantung Pisang Dan Nasgor Pisang Kecamatan Girimaya Juara Lomba Cipta Menu Pangan

Daerah  SELASA, 23 OKTOBER 2018 , 18:34:00 WIB

Dendeng Jantung Pisang Dan Nasgor Pisang Kecamatan Girimaya Juara Lomba Cipta Menu Pangan
RMOLBabel. Kantor Kecamatan Girimaya berhasil keluar sebagai juara Lomba Cipta Menu Pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat kota lewat menu masakan dendeng dari jantung pisang dan nasi goreng berbahan pisang yang diwarnai menggunakan buah naga.
Lomba cipta menu masakan tersebut diselenggarakan Dinas Pangan dan Pertanian Pangkalpinang, Selasa (23/10) bertempat di Hotel Puri 56. Hadir tujuh peserta mewakili setiap kecamatan yang ada di Pangkalpinang.

"Kecamatan Girimaya memenangi lomba tersebut karena bahan yang digunakan mudah diperoleh, dan mudah diolah keseharian di rumah. Tidak hanya itu, mereka juga membuat dendeng dari jantung pisang, juga membuat nasi goreng berbahan pisang yang di warnai menggunakan buah naga, artinya dengan keseimbangan gizinya itu Kecamatan Girimaya mengungguli kecamatan lainnya," jelas Kasi konsumsi pangan Dinas Pangan dan Pertanian Pangkalpinang, Yiyi Zilaida Dwitri.

Ia mengatakan perlombaan tersebut dimaksudkan untuk memperbaiki pola konsumsi pangan ini tidak diperbolehkan mengunakan bahan pokok beras dan terigu.

"Jadi kita edukasikan kepada masyarakat bahwa karbohidrat bahan pokok sumber energi tidak hanya berasal dari beras atau nasi dan terigu saja, tapi juga bisa berasal dari umbi-umbian tapi juga bisa berasal dari tanaman sereal lainnya. Sebagai contoh, pemenang lomba kita dari Kecamatan Girimaya yang mengunakan bahan 'Jelai' yang mana selama ini di ketetahui jelai hanya sebagai semak semak/belukar itu ternyata hal itu bisa di gunakan sebagai penganti beras," terangnya.

Yiyi juga menambahkan, lomba ini dikhususkan bagi para kaum ibu rumah tangga sebagai orang yang paling berperan dalam menyusun, memahami menu keluarga yang beragam bergizi berimbang dan aman. Adapun juara kedua pada lomba ini direbut oleh Kecamatan Rangkui dan juara ketiga dari Kecamatan Bukit Intan juara ketiga.

Sementara Kecamatan Gabek keluar sebagai juara harapan satu Kecamatan Pangkalbalam juara harapan dua serta Kecamatan Gerunggang dan Taman Sari juara harapan ketiga. "Harapan kami ke depan, bagi pemenang lomba bisa mewakili Pangkalpinang di tingkat provinsi yang diadakan pada tahun depan," tutup Yiyi. [ina]

Komentar Pembaca
Pemprov DKI Segera Cairkan Bonus Atlet Asian Games
Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 17:00:00

Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 17:00:00