Apresiasi Bareskrim Polri, DPRD Babel Minta Usut Tuntas Smelter Lainnya

Daerah  SABTU, 20 OKTOBER 2018 , 22:09:00 WIB

Apresiasi Bareskrim Polri, DPRD Babel Minta Usut Tuntas Smelter Lainnya

Deddy Yulianto/Net

RMOLBabel. Terbongkarnya dugaan praktek ilegal verifikasi yang dilakukan Barekrim Mabes Polri mendapat apresiasi oleh DPRD Bangka Belitung (Babel).
"Dari dulu kami meminta untuk dilakukan audit asal usul pasir timah yang didapat oleh para smelter, faktanya dari dulu tidak pernah dilakukan," kata Wakil Ketua DPRD Babel, Deddy Yulianto kepada Redaksi Kantor Berita RMOLBabel, tadi malam (20/10).

Padahal kata Deddy, dari dulu pihaknya meminta asal usul pasir timah harus jelas. "Artinya kami melihat ada kerjasama dan koordinasi masif yang dilakukan oleh instansi terkait," tukasnya.

Dengan adanya temuan dan pengakuan sendiri dari Bursa Komoditi & Derivatif Indonesia atau Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) terhadap tidak berlakunya verifikasi oleh PT Surveyor Indonesia (SI), sebut Deddy, secara otomatis perdagangan timah melalui bursa itu sendiri dipertanyakan.

"Untuk itu kami minta aparat menelusuri dan mengusut tuntas asal usul timah dari pada 37 smelter yang diverifikasi oleh SI selama ini. Kami yakin dengan terbongkarnya salah satu smelter yang tidak jelas asal usul pasir timahnya tidak menutup kemungkinan praktek ini juga dilakukan oleh smelter-smelter lain," katanya lagi.

Ia juga menegaskan, bukan hanya verifikasi SI tidak berlaku lagi melainkan ICDX juga mesti dibubarkan jika praktek yang dilakukan oleh smelter Panca Mega Persada (PMP) yang diamankan Bareskrim Mabes Polri dari dulu ilegal.

"Artinya sudah berapa banyak ekspor timah ilegal yang dilakukan oleh PT PMP dan perdagangan lewat ICDX? hanya saja baru sekarang terungkap. Tak hanya itu, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Babel dalam hal ini yang mengurus masalah RKAB juga terikat dalam masalah ini," sebutnya.

Ia juga mengatakan, dengan tidak berlakunya verifikasi oleh PT SI tidak serta merta seluruh smelter langsung pindah ke Succofindo. "Kami minta aparat berwenang tidak hanya sampai disini namun dapat mengaudit asal usul pasir timah selama ini yang tergabung dalam verifikasi yang dilakukan oleh Surveyor Indonesia," demikian Deddy. [ana]

Komentar Pembaca
Pemprov DKI Segera Cairkan Bonus Atlet Asian Games
Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 17:00:00

Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 17:00:00