PT Timah Dianugerahi Zamrud CSR

Dedikasi Bangun Akses Jalan Baru Di Dusun Pangkalan Batu-Ranggung

Sosial  KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 18:05:00 WIB

PT Timah Dianugerahi Zamrud CSR

Foto/IST

RMOLBabel. PT Timah Tbk kembali memperoleh penghargaan pada bidang Corporate Social Responsibility (CSR) dalam ajang Nusantara CSR Awards 2018 yang digelar di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Rabu (17/10).
Anggota holding BUMN Pertambangan ini dianugerahi penghargaan dalam kategori cukup bergengsi yakni Zamrud CSR.

Zamrud CSR yang diterima PT Timah ini didasarkan atas dedikasi dan kontribusinya dalam membangun jalan baru yang menghubungkan Desa Pangkalan Batu dengan Desa Ranggung, Kecamatan Payung Kabupaten Bangka Selatan.

Zamrud CSR sendiri merupakan kategori terbaru dalam ajang Nusantara CSR Awards yang dihelat oleh The La Tofi School of CSR.

Penghargaan ini diberikan karena program CSR yang diberikan cukup terintegrasi dengan banyak pendekatan serta memiliki
dampak positif yang luas.

Penghargaan diserahkan oleh Chairman The La Tofi School of CSR, La Tofi, didampingi Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal kepada Kepala Divisi CSR PT Timah Tbk, Yanuar Soenartono.

Mengomentari apresiasi yang diberikan tersebut, Kepala Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengatakan saat ini perusahaan tidak hanya dituntut mencari keuntungan semata, melainkan juga harus memberikan solusi dan kesejahteraan untuk
masyarakat.

Pada BUMN, pelayanan publik dibuktikan dengan kemitraan dan bina lingkungan. "Apresiasi ini semakin memperjelas bahwa program tanggung jawab sosial perusahaan
yang dilaksanakan PT Timah Tbk sudah sejalan dengan harapan pemerintah dan selaras dengan undang-undang nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas," ujar Anggi.

Dikatakan Anggi, sasaran PT Timah dalam setiap kegiatan tanggungjawab sosial perusahaan adalah tercipta sinergitas tiga pilar pembangunan yakni membantu meminimalisasi tingkat pengangguran, angka kemiskinan, dan peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Bangun Jalan Baru

Dusun Pangkalan Batu sendiri terletak di pinggiran Desa Ranggung Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan, atau sekitar kurang lebih 90 kilometer dari Kota Pangkalpinang. Dusun ini dihuni sekitar 60 kepala keluarga.

Selain menggunakan perahu, untuk mencapai dusun ini juga dapat ditempuh melalui jalur darat dari Desa Ranggung yang membutuhkan waktu kurang lebih 90 menit dengan kondisi jalan yang sangat memprihatinkan. Jika kurang hati-hati berkendara, mobil dapat terjebak di jalan yang berlumpur dan berlobang cukup dalam.

Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan perahu sekitar 25-30 menit hingga sampai di Dusun Pangkalan Batu. Untuk sampai di pemukiman penduduk, ditempuh dengan berjalan kaki melewati perkebunan karet dan lada sekitar 15 menit.

Ketua RT Dusun Pangkalan Batu, Juhar (57) mengungkapkan, keberadaan Dusun Pangkalan Batu sudah ada dari sebelum zaman penjajah Jepang.

Dikatakan Juhar, dulu mereka menyeberang menggunakan titian pepohonan untuk mencapai Desa Ranggung. Namun sejak tahun 1988 masyarakat setempat yang rata-rata bekerja sebagai nelayan dan berkebun mulai menggunakan pompong untuk menyebrang hingga saat ini.

"Kami sangat bersyukur dengan adanya bantuan PT Timah ke tempat kami ini. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah peduli bahkan ikut langsung membantu membangun akses ini. In Syaa Allah jika jalan ini selesai maka akan mempermudah aktifitas kami dan anak-anak untuk bersekolah," ujar Juhar.

Untuk membuka akses jalan Pangkalan Batu - Ranggung, PT Timah Tbk mengerahkan 3 unit excavator dan 4 unit dump truck.

Operasional kegiatan ini didanai dari anggaran CSR PT Timah Tbk. Sejumlah karyawan PT Timah bahkan terjun langsung bergotong royong bersama masyarakat setempat merintis dan membuka akses jalan di desa tersebut. [hun]

Komentar Pembaca
Pemprov DKI Segera Cairkan Bonus Atlet Asian Games
Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 17:00:00

Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 17:00:00