Divonis 4 Bulan Penjara, Bos Timah Belinyu : Terima Kasih Pak Hakim

Hukum  RABU, 10 OKTOBER 2018 , 09:20:00 WIB

Divonis 4 Bulan Penjara, Bos Timah Belinyu : Terima Kasih Pak Hakim

Foto/Net

RMOLBabelā€ˇ. Bos timah asal Belinyu Lie Sunfo alias Sunfo yang menjadi pesakitan di Pengadilan Negeri Sungailiat divonis 4 bulan penjara, denda Rp2 juta,subsider 2 bulan penjara dipotong masa tahanan atas perkara kepemilikan pasir timah illegal.
Demikian vonis dibacakan pada persidangan yang dipimpin Majelis Hakim Oloan Exodus Hutabarat didampingi dua hakim anggota Jonson Parancis dan Beni, Selasa (9/10).

Selain ā€ˇitu, barang bukti berupa pasir timah sebanyak 1,4 ton dirampas untuk negara berikut timbangan yang digunakan untuk dimusnahkan.

Atas putusan yang dibacakan, Majelis Hakim menanyakan kepada terdakwa menerima atau pikir pikir atas putusan yang dibacakan. "Terima pak hakim," jawab Sunfo singkat.

Berbeda dengan Jaksa Penuntut Umum Pengganti dari Kejari Bangka yang menyatakan sikap pikir-pikir atas putusan yang dibacakan.

Sebelumnya, pada persidangan sebelumnya, Penuntut Umum Kejari Bangka Fitri saat membacakan tuntutan menuntut terdakwa Sunfo 3 bulan penjara, denda Rp2 juta subsider 2 bulan penjara dipotong masa tahanan.

Atas tuntutan yang dianggap rendah tersebut langsung direspon oleh LSM AMAK Babelā€ˇ. Karena menurut AMAK Babel, tuntutan itu dianggap tidak sesuai dengan perbuatan yang dilakukan oleh terdakwa.

Oleh karena itu, AMAK Babel berharap tuntutan yang dibacakan JPU waktu itu ā€ˇditinjau ulang oleh pengadilan Negeri Sungailiat sebelum membacakan vonis hukuman kepada terdakwa Sunfo. [lio]

Komentar Pembaca