Cambai Selatan Akan Dijadikan Setral Bawang Merah

Daerah  SELASA, 09 OKTOBER 2018 , 14:55:00 WIB

Cambai Selatan Akan Dijadikan Setral Bawang Merah
RMOLBabel. Bupati Bangka Tengah (Bateng), Ibnu Saleh akan menjadikan Desa Cambai Selatan sebagai salah satu daerah sentra tanaman holtikultura bawang merah.
Hal tersebut diungkapkan Bupati setelah melihat langsung kebun bawang merah milik kelompok tani Patimura desa setempat, Senin (9/10).

Potensi bawang merah di desa tersebut cukup tinggi, kelompok tani Patimura bisa memanenkan bawang merah setelah kurang lebih dua bulan menanam bawang merah di lahan hampir satu Hektar.

"Kita akan uapayakan desa ini sebagai salah satu sentra bawang merah. Tapi jangan hanya petanj senior saja tapi kami harap pemuda juga ikut turut melaksanakan dan merealisasikam desa cambai selatan ininjadi sentra penhasil tanaman holtikultura," ungkapnya.

Untuk itu Bupati meminta semua pihak mempersiapkan diri mengubah penghasilan ekonomi masyarakat dari masyarajat tambang menjadi masyarakat tani dan nelayan.

"Sodara Mek, Pak Izhar dan Taufan (kelompok tani patimura) kedepan bisa mengajak dan mengajarkan serta menjadi motivasi pemuda sekitar untuk memajukan bawang merah ini," tambah Ibnu, seraya berharap pemangku jabatan di sini dapat mendukung petani bawang merah.

"Kita harap sinergitas antara pemprov, pemkab dan pemdes untuk mendukung dari berbagai sektor seperti permodalan, teknologi pertanian, bibit, pupuk hingga pemasaran agar masyarakat siap beralih dari tambang," ungkapnya. [Mg10]

Komentar Pembaca