Obor Asian Para Games Lewati Pangkalpinang, Gelora Kepedulian Terhadap Disabilitas

Sport  RABU, 26 SEPTEMBER 2018 , 17:41:00 WIB

Obor Asian Para Games Lewati Pangkalpinang, Gelora Kepedulian Terhadap Disabilitas
RMOLBabel. Setelah melewati 6 kota di Indonesia, akhirnya obor Asian Para Games ke-7 mendarat di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sebagai kota terakhir, Rabu (26/9).
Pawai obor diarak keliling kota dengan start Jembatan Emas dan berakhir di Alun-alun Taman Merdeka (ATM) oleh Indonesia Asian Para Games Organizing Committe (INAPGOC).

"Api (obor) ini semangat Asian Para Games yang ketiga yang pernah ada di Asia ini," kata Ketua Umum Inapgoc Raja Saptaoktohari.

Raja juga menjelaskan, bahwa Pangkalpinang terpilih menjadi kota terakhir dalam rangkaian kegiatan pawai obor Asian Para Games ini sebelum dikembalikan ke Jakarata pada akhir September ini.

"Asian Para Games merupakan event olahraga yang paling bergensi di Asia kedua setelah paraolimpiade. Ini momentum paling bersejarah bagi Indonesia karena pertama kalinya menjadi tuan rumah, dan Babel diberikan kesempatan menjadi tuan rumah dari pawai obor," terangnya.

"Saya sendiri kecewa, mengapa di Pangkalpinang jadi kota ke-7 pelaksanaaan pawai obor ini. Dengan antusias semeriah ini, seharusnya Pangkalpinang harus menjadi kota Pertama dilaksanakan pawai obor, biar semangat Asian Para Gmaes semakin menggelora," tukas Raja.

Dalam hal itu juga, dirinya mengajak bersama-sama untuk menyuarakan gelora kepedulian terhadap disabilitas. Pihaknya juga mendapat cacatan bahwa ada beberapa kota pada Asia Games tidak dilalui oleh obor sehingga pihak panitia Asian Para Games sengaja melewati obor ini di Pangkalpinang dengan harapan gelora dan semangat sprortifitas semangat olahraga bisa dikobarkan di seluruh wilayah Indonesia.

"Mudah-mudahan dengan obor Asian Para Games ini di Babel bisa terus mengelorakan semangat kepedulian terhadap disabilitas," demikian Raja. [ina]

Komentar Pembaca