Bangka Butuh Pelabuhan Laut

Daerah  KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 07:43:00 WIB

Bangka Butuh Pelabuhan Laut

Foto/IST

RMOLBabel. Focus Group Disscusion (FGD) membahas kelayakan pembangunan pelabuhan laut di kabupaten Bangka berlangsung, Rabu (19/9) di ruang Bina Praja Kantor Bupati Bangka yang dilakukan Direktorat Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta Pemkab Bangka.
Ketika membuka diskusi Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Perekonomian Dawami menjelaskan, pelabuhan sebagai penghubung melalui trasportasi laut dari satu pulau ke pulau lainnya memiliki perananan penting dalam meningkat pertumbuhan perekonomian negara.

"Ini juga upaya mewujudkan jati diri bangsa sebagai negara maratim dan sebagai salah satu negara yang memiliki daerah laut di lokasi yang strategis dan bernilai ekonomis tinggi," jelasnya. Ia menambahkan, Pemkab Bangka mendukung pembangunan infrastruktur pelabuhan untuk memperlancar harus penumpang, barang dan jasa.

"Terkait dengan hal tersebut dan program kerja Kemenhub yang menyelenggara diskusi ini, sebagai studi awal untuk menentukan kelayakan pembangunan pelabuhan di Bangka karena itu Pemkab siap mendukung dan berpartisipasi aktif agar kegiatan diskusi dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga memiliki dampak dan nilai positif untuk  meningkatkan pembangunan, khususnya pembangunan infrastruktur di Bangka," terangnya.

Menurut Dawami, dengan adanya rencana awal pembangunan infrastruktur pelabuhan yang memadai dapat memfasilitasi keterhubungan antar wilayah secara efektif, efisien dan terjangkau, meningatkan aspek aksesbilita, mobilitas pengangkutan manusia dan barang khususnya di Bangka dan sekitarnya sehingga mampu menjadi motor dalam menggerakkan perekonomian.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan (Babel) KA Tajudin menjelaskan, diskusi ini untuk menkaji kelayakan pembangunan pelabuhan di kabupaten Bangka. Dirjend Perhubungan Laut yang telah melakukan langkah awal untuk mengkaji tempat yang layak sebagai tempat  pemabagunan pelabuhan

"Ini merpakan langkah awal, kita harapkan Dirjen Perhubungan Laut dapat melakukan kajian hingga terwujudnya pembangunan pelabuhan di Bangka," ujar Tajudin.

Dijelaskannya, Diantara misi Gubernur dan Wakil Gubernur Babel yaitu membangun koneksitas, mengingat Bangka Belitung sebagai salah satu wilayah kepulauan di Indonesia, dari 7 daerah kepulauan yang ada. "Karena itu kebutuhan pelabuhan laut sangat penting untuk menghubungkan satu pulau ke pulau yang lain," terangnya. FGD Kelayakan Pembangunan Pelabuhan ini juga melibatkan konsultan dan utusan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. [ana]


Komentar Pembaca
RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 12:31:48

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15