Dewan Pers Hanya Hanya Lindungi Wartawan Yang Jalankan KEJ

Daerah  JUM'AT, 14 SEPTEMBER 2018 , 11:30:00 WIB

Dewan Pers Hanya Hanya Lindungi Wartawan Yang Jalankan KEJ
RMOLBabel. Dewan Pers adalah representasi dari komunitas pers yang berfungsi untuk mengembangkan dan melindungi kehidupan pers di Indonesia.
Dalam menjalankan fungsinya itu, Dewan Pers dibantu oleh konstituen-konstituen yang berasal dari organisasi pers dan jurnalis yang telah terverifikasi.

Hal itu menjadi penting karena erat kaitannya dengan penyajian informasi yang benar kepada masyarakat, sehingga masyarakat di era digital saat ini tidak dibingungkan dalam menentukan media mana yang dapat dikategorikan sebagai pers.

Menurut Imam Wahyudi selaku anggota Dewan Pers yang membidangi Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika Pers, tidak semua media itu pers, tapi kalau pers sudah pasti media.

Tiga unsur penting yang harus dipenuhi media agar dapat dikatakan sebagai pers lanjutnya, diantaranya harus berbadan hukum Indonesia (Pasal 9 ayat (2)), memberikan kesejahteraan kepada wartawan (Pasal 10), dan mengumumkan nama, alamat, dan penanggungjawab secara terbuka melalui media yang bersangkutan (Pasal 12).

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Pers Ahmad Djauhar saat disinggung mengenai perusahaan media yang belum berbadan hukum dan belum terverifikasi di dewan pers, ia menanggapi bahwa selama perusahaan itu masih beriktikad baik, bekerja benar-benar sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik (KEJ), maka ketika terjadi delik pers dikemudian hari, dewan pers tetap membela dan tidak dilepaskan begitu saja.

"Tapi kalau dia bukan profesi sepenuhnya untuk wartawan, kerja sana sini, sesekali mencari berita, kemudian beritanya melanggar ketentuan UU ITE dan sebagainya, terus ditangkap polisi, ya bagaimana dewan pers mau membelanya? Karena dia tidak di bawah jurisdiksi /di bawah kewenangan dewan pers," ungkapnya usai mengisi workshop bertajuk "Penguatan dan Pemberdayaan Ekosistem Pers Melalui Ketersediaan Infrastruktur Telekomunikasi dan Informasi di Indonesia" di Hotel Santika, Kamis (13/9). [hun]

Komentar Pembaca
Ma

Ma"ruf Amin Dilaporkan Ke Bawaslu

JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Terduga Pembantai Keluarga Nainggolan Ditangkap

Terduga Pembantai Keluarga Nainggolan Ditangkap

KAMIS, 15 NOVEMBER 2018 , 15:00:00

Eggi: Grace Natalie Langgar Pancasila

Eggi: Grace Natalie Langgar Pancasila

KAMIS, 15 NOVEMBER 2018 , 13:00:00