Tim Tanggap Darurat PT Timah Juga Pernah Bantu Tsunami Aceh

Sosial  JUM'AT, 17 AGUSTUS 2018 , 11:04:00 WIB

Tim Tanggap Darurat PT Timah Juga Pernah Bantu Tsunami Aceh
RMOLBabel. Kabid Humas PT Timah Anggi Siahaan mengungkapkan, lahirnya Tim Tanggap Darurat (Emergency Response Group/ERG) PT Timah merupakan puncak dari kegelisahan sejumlah karyawan yang peduli terhadap penyelamatan dan penyaluran bantuan kepada korban-korban bencana yang melanda tanah air.
"Tim ERG PT Timah Tbk dibentuk tahun 2010," kata Anggi lewat keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLBabel, Jumat (17/8)

Anggi mengatakan, meski terhitung baru,  namun kiprah ERG yang dimiliki perusahaan plat merah ini dalam penanggulangan dan penanganan korban bencana boleh diacungi jempol. Sejumlah wilayah bencana di tanah air telah dimasuki tim yang beranggotakan lintas satuan kerja di lingkungan PT Timah, diantaranya membantu korban gempa Bengkulu tahun 2001, tsunami Aceh 2004.

"Pernah juga bantu gempa Bantul-Yogya 2006, tsunami Pangandaran 2006, gempa Bengkulu 2007, puting beliung Pangkalpinang 2008, gempa Cianjur 2008, gempa Padang 2007 dan 2009, letusan Merapi 2010, banjir Jakarta 2013, banjir Belitung Timur 2017 serta sejumlah bencana lainnya di tanah air," sebutnya.

Kali ini, lanjut Anggi, ERG PT Timah Tbk bersama Kementerian ESDM ikut membantu korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Beranggotakan tim survei, evakuasi, medis dan logistik, sejak Jumat minggu lalu (10/8) diturunkan langsung ke lokasi membantu meringankan beban masyarakat yang menjadi korban gempa yang berkekuatan 7 skala Richter tersebut.

Sejumlah lokasi yang teridentifikasi cukup sulit dijangkau menjadi salah satu prioritas upaya penyaluran bantuan tim yang diketuai oleh Kepala Administrasi Perusahaan, dr. Yanuar. Salah satu lokasi yang cukup parah terpapar gempa yakni di Kecamatan Pemenang Barat.

Di sini, tim ERG PT Timah melakukan pelayanan kesehatan (yankes) berupa bantuan pengobatan dan penyaluran logistik seperti kebutuhan bayi dan ibu menyusui, perlengkapan MCK, alat penerangan, perlengkapan sekolah dan sebagainya.

Tahap pertama tim ERG PT Timah memberangkatkan lima personel yang masing-masing memiliki kompetensi dan keterampilan berbeda. Mereka membuka posko di desa Manggala Batloko Lauk, Kecamatan Pemenang Barat mengingat banyak balita dan lansia yang mulai terpapar penyakit pasca gempa. [hun]

Komentar Pembaca
Ma

Ma"ruf Amin Dilaporkan Ke Bawaslu

JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Terduga Pembantai Keluarga Nainggolan Ditangkap

Terduga Pembantai Keluarga Nainggolan Ditangkap

KAMIS, 15 NOVEMBER 2018 , 15:00:00

Eggi: Grace Natalie Langgar Pancasila

Eggi: Grace Natalie Langgar Pancasila

KAMIS, 15 NOVEMBER 2018 , 13:00:00