Remaja Masjid Babar Seberangi Sungai Ke Pelosok Dusun Sumsel Demi Ini

Sosial  RABU, 15 AGUSTUS 2018 , 11:34:00 WIB

Remaja Masjid Babar Seberangi Sungai Ke Pelosok Dusun Sumsel Demi Ini

Foto/IST

RMOLBabel. Semaraknya perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73 ternyata tak semua masyarakat dapat merasakan kegembiraan dengan mengadakan berbagai perlombaan.
Seperti halnya yang dirasakan oleh masyarakat di pelosok Sumatera Selatan, tepatnya di Dusun Sungai Sembilang Desa Sungsang Kecamatan Banyuasin II Kabupaten Banyuasin.

Hal itulah yang menjadi motivasi bagi Pemuda Remaja Masjid Bangka Barat (PRM Babar) untuk berbagi keceriaan dan kebahagiaan dengan mengadakan berbagai perlombaan dan bhakti sosial.

Perjalanan menuju perkampungan  tersebut, kelompok remaja masjid ini harus rela mengunakan kapal motor ikan karena itulah satu-satunya moda transportasi yang dapat digunakan untuk sampai ke lokasi.

Perjalanan pun memakan waktu 5 jam lebih dan harus melewati bentangan sungai yang luas. Daerah tersebut juga masih masuk kedalam kawasan Taman Nasional Berbak dan Sembilang yang merupakan wilayah mangrove terbesar di wilayah Sumatera.

Di daerah tersebut belum banyak penduduknya sehingga banyak yang tak mengenal daerah itu. Apalagi daerah tersebut belum tersentuh teknologi, tidak ada jaringan seluler, air bersih yang susah, dan tingkat pendidikan yang rendah, bahkan di sana hanya ada satu sekolah SDN.

Menurut "Pak Boi" sapaan akrab salah satu guru di SDN tersebut, masih banyak anak-anak yang putus sekolah karena harus bekerja mencari nafkah membantu orang tuanya melaut.

Bahkan walaupun mereka lulus SD, lanjut Pak Boi biasanya cuma 2 atau 3 orang yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke SMP karena terkendala letak geografis yang harus keluar pulau.

"Itulah alasan yang membuat kami tergerak untuk melaksanakan kegiatan di sana. Ada beberapa lomba yang kami lakukan yaitu balap karung, lari dalam sarung, crazy cup, memanah, mengambar dan adzan serta beberapa kegiatan sosial yaitu bagi-bagi baju, bagi-bagi jilbab, bagi-bagi godiebags, sosialisasi pentingnya pendidikan dan kesehatan, dan bersih-bersih masjid," ungkapnya kepada Kantor Berita RMOLBabel, Rabu (15/8).

Andi menambahkan, program-program tersebut dapat terlaksana dengan baik berkat dukungan dan kerjasama yang baik dengan pihak pemerintah dusun setempat dan tenaga medis. [hun]



Komentar Pembaca
Ma

Ma"ruf Amin Dilaporkan Ke Bawaslu

JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Terduga Pembantai Keluarga Nainggolan Ditangkap

Terduga Pembantai Keluarga Nainggolan Ditangkap

KAMIS, 15 NOVEMBER 2018 , 15:00:00

Eggi: Grace Natalie Langgar Pancasila

Eggi: Grace Natalie Langgar Pancasila

KAMIS, 15 NOVEMBER 2018 , 13:00:00