KPU: Berkas Pendaftaran Jokowi-Ma'ruf Sudah Lengkap

Dukungan PSI Dicoret

Politik  JUM'AT, 10 AGUSTUS 2018 , 13:26:00 WIB

KPU: Berkas Pendaftaran Jokowi-Ma'ruf Sudah Lengkap

Joko Widodo dan Ma'ruf Amin/Net

RMOLBabel. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan berkas pendaftaran calon presiden-calon wakil presiden 209 yang diserahkan pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sudah lengkap.
"Sudah disampaikan dan semua ditandatangani lengkap, karena kan hari ini mendaftar yang diperiksa pertama adalah kelengkapannya lengkap atau tidak lengkap," ujar komisioner KPU RI, Hasyim Asyari di kantornya,  Jumat (10/8).

Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaaan penelitian atau verifikasi keabsahan dokumen. "Rekomendasi pemeriksaan sudah diberikan," pungkasnya. Jokowi-Ma'ruf menjadi peserta pertama Pilpres yang mendaftar e KPU di hari terakhir pendaftaran capres-cawapres 2019.

Disisi lain, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak masalah dicoret sebagai partai pengusung pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pemilihan Presiden 2019.

Ketua Umum PSI Grace Natalie memastikan partainya tetap menandatangani berkas dukungan saat pendaftaran tadi. Selain PSI, Perindo juga dicoret KPU dengan alasan belum mengikuti Pemilu 2014 lalu.

"Jadi kita tercatat sebagai ini UU kalimatnya pengusul. Jadi bersama dengan delapan parpol lain sama-sama pengusul nggak ada masalah. Sama-sama kok di dalam menandatangani surat dukungan," ujar Grace di Gedung KPU.

Dengan adanya keputusan KPU ini, maka partai pengusung mengerucut menjadi tujuh yakni PDI Perjuangan, Golkar, PKB, Nasdem, Hanura, PPP, dan PKPI. [wid]

Komentar Pembaca
Partai Gerindra Vokal Tapi Belum Terarah

Partai Gerindra Vokal Tapi Belum Terarah

SELASA, 23 OKTOBER 2018 , 13:00:00

Indonesia Berpotensi Jadi Mangkuk Pangan Asia

Indonesia Berpotensi Jadi Mangkuk Pangan Asia

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Prabowo-Sandi Fokus Revitalisasi Ekonomi Kerakyatan