Pola Asuh Dan Motivasi Orang Tua, Penentu Keberhasilan Pendidikan Anak

Lifestyle  KAMIS, 09 AGUSTUS 2018 , 08:24:00 WIB

Pola Asuh Dan Motivasi Orang Tua, Penentu Keberhasilan Pendidikan Anak
RMOLBabel. Keberhasilan dalam dunia pendidikan anak sangat dipengaruhi oleh motivasi dan pola asuh dari orang tua. Orang tua sering kali dalam mendidik anak belum mampu untuk menjadi motivator terbaik bagi anaknya.
Padahal, peran orang tua dalam perkembangan dan pertumbuhan anak khususnya dalam bidang pendidikan sebagai pendidik utama dan paling utama.

"Sehingga mereka harus memberikan pola asuh (yang baik) demi perkembangan dan pertumbuhan yang baik untuk anak," kata Dosen STKIP Muhammadiyah Babel, Diah Rina Miftakhi saat sosialisasi bertajuk "Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak" yang diselenggarakan oleh KKN-Dik Desa Puding Besar di Gedung Pertemuan Kecamatan Puding Besar pada Rabu pagi tadi (8/8).  

Bagi orang tua yang belum bisa memberikan motivasi terbaik untuk anaknya, Diah menyampaikan bahwa hal itu dapat diatasi dengan cukup memberikan contoh yang baik kepada anak, sehingga perilaku dan sikap yang baik tersebut dapat diikuti oleh anak.

Motivasi lanjutnya, sebagai penguatan untuk menumbuhkan minat belajar anak. "Yang pasti dengan reward atau hadiah, bisa dengan bentuk barang ataupun pujian kepada anak sehingga anak merasa bangga karena orang tua mereka memberikan kasih sayang dalam melaksanakan pendidikan, baik di rumah maupun di sekolah," imbuhnya. [hun]



Komentar Pembaca
Partai Gerindra Vokal Tapi Belum Terarah

Partai Gerindra Vokal Tapi Belum Terarah

SELASA, 23 OKTOBER 2018 , 13:00:00

Indonesia Berpotensi Jadi Mangkuk Pangan Asia

Indonesia Berpotensi Jadi Mangkuk Pangan Asia

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Prabowo-Sandi Fokus Revitalisasi Ekonomi Kerakyatan