5 Kiat Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Lifestyle  RABU, 08 AGUSTUS 2018 , 09:31:00 WIB

5 Kiat Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi/Net

RMOLBabel. Pada dasarnya, tubuh Anda memiliki sistem imun untuk melawan mikroorganisme yang bisa menimbulkan penyakit dan menurunkan daya tahan tubuh.
Meski begitu, bukan berarti sistem imun ini tidak bisa gagal dalam menjaga kesehatan Anda. Terkadang, kuman bisa membuat Anda sakit.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga Anda bisa menghindari apa saja yang membahayakan sistem kekebalan tubuh.

Berikut ini beberapa kiat meningkatkan daya tahan tubuh, seperti dilansir laman Independent, Selasa (7/8).

1. Lakukan banyak olahraga

Berolahraga adalah kegiatan yang sangat efektif untuk mencegah flu, karena bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Menurut MedlinePlus, alasan untuk ini bisa disebabkan oleh peningkatan kecepatan sel darah putih yang beredar di sekitar tubuh selama latihan.

Selain itu, ikut serta dalam beberapa latihan ringan saat Anda sakit juga bisa membantu Anda di jalan menuju pemulihan.

Namun, Anda harus memperhatikan respons tubuh Anda terhadap aktivitas fisik. Jika Anda merasa terlalu tegang, mungkin sebaiknya berhenti saja.

2. Makan jamur, bawang putih dan rempah-rempah

Memasukkan makanan tertentu ke dalam diet Anda, bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dalam kondisi prima.

Herbal seperti kunyit, oregano dan cayenne telah digunakan untuk waktu yang sangat lama untuk sifat obat mereka.

Namun, makanan seperti jamur dan bawang putih juga telah diketahui memiliki dampak positif pada kesejahteraan seseorang.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Florida, makan jamur shiitake yang dimasak setiap hari bisa meningkatkan kekebalan selama periode waktu yang signifikan.

Selain itu, jamur juga memiliki sifat anti-peradangan.

Mengonsumsi bawang putih juga bisa membantu kesehatan Anda secara keseluruhan, seperti yang telah dipuji selama berabad-abad karena sifat perbaikannya.

3. Cukup tidur

Tdak cukup tidur bisa menjadi alasan utama mengapa kesehatan Anda goyah.

Sekitar dua pertiga orang dewasa di seluruh dunia tidak cukup tidur, dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan bahwa sasaran individu rata-rata sekitar delapan jam semalam.

Ahli saraf Matius Walker memperingatkan bahwa kurang tidur bisa menempatkan Anda pada risiko penyakit, mulai dari pilek biasa hingga penyakit yang lebih serius.

4. Nikmati waktu berkualitas bersama hewan peliharaan Anda

Meskipun memiliki hewan peliharaan tidak diragukan lagi sangat menggembirakan, apakah Anda tahu bahwa itu juga bisa meningkatkan kesehatan Anda?

Pada 2013, American Heart Association menerbitkan pernyataan ilmiah yang menjelaskan bagaimana memiliki anjing bisa mengurangi risiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular.

Lebih lanjut, sebuah penelitian tahun 2004 yang menilai efek yang dapat dilakukan oleh anjing terhadap sistem kekebalan para mahasiswa menyimpulkan bahwa melakukan hal itu bisa berdampak menguntungkan pada sistem kekebalan individu dan kesehatan secara keseluruhan.

5. Minum air putih

Dengan begitu banyak variasi minuman sehat yang tersedia di pasar, mudah untuk melupakan tentang yang paling kuat dari semuanya, yakni air putih.

Minum air putih bisa memberikan banyak manfaat bagi sistem kekebalan Anda, karena bisa membantu ginjal Anda membuang racun secara efektif dari tubuh.

Namun, bukan hanya peningkatan konsumsi air yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Menurut Dr Weil, mengambil risiko dengan secara teratur mandi air dingin juga bisa sangat bermanfaat karena bisa meningkatkan jumlah sel darah putih yang melawan penyakit di dalam tubuh. [fny/jpnn]

Komentar Pembaca
Coret Bacaleg! Eks Terpidana Korupsi

Coret Bacaleg! Eks Terpidana Korupsi

KAMIS, 02 AGUSTUS 2018 , 15:00:00

Stop Penyiksaan Hewan di Ancol!

Stop Penyiksaan Hewan di Ancol!

RABU, 01 AGUSTUS 2018 , 15:00:00

Djan Faridz Mundur Dari Ketua Umum PPP

Djan Faridz Mundur Dari Ketua Umum PPP

SELASA, 31 JULI 2018 , 11:00:00

Rizal Ramli Dan Gerakan #2019GantiPresiden

Rizal Ramli Dan Gerakan #2019GantiPresiden

MINGGU, 29 APRIL 2018 , 22:04:00

Ongkos Haji Naik 0,99 Persen

Ongkos Haji Naik 0,99 Persen

KAMIS, 15 MARET 2018 , 18:11:00