Rachmawati: Indonesia Harus Bisa Meniru Semangat Venezuela

Nusantara  SELASA, 07 AGUSTUS 2018 , 08:03:00 WIB

Rachmawati: Indonesia Harus Bisa Meniru Semangat Venezuela

Foto/RMOL

RMOLBabel. Di usia yang ke-207 tepat pada 5 Juli 2018 lalu, tentunya bukanlah hal yang mudah untuk mempertahankan sebuah negara seperti Venezuela. Dua abad lebih usia Venezuela adalah semangat yang harus ditiru Indonesia.
Demikian yang disampaikan Tokoh perempuan Indonesia Rachmawati Soekarnoputri, dalam perayaan hari kemerdekaan Venezuela di Kediaman Duta Besar Venezuela Gladys F Urbaneja, Jakarta, Senin malam (6/8).

Menurutnya usia kemerdekaan Venezuela sudah luar biasa dan semangat rakyat  Venezuela harus bisa menjadi teladan bagi Indonesia.

"Dahulu Presiden pertama Indonesia Soekarno pernah mengungkapkan Asia Asia, Afrika dan Amerika Latin lebih mementingkan Freedom to bee free. Jadi kemerderkaan itu lebih mahal dari pada kebebasan," tuturnya.

Rachma menambahkan meski sudah berusia 207 pemikiran Simon Bolivar masih melekat dan terus dijalankan oleh siapapun pemimpin negara.

Hal ini yang membuat dirinya sangat mengapresiasi Venezuela. Rachma berharap langkah tersebut bisa terjadi di Indonesia.

"Harus meniru paling tidak mencontoh bangsa Venezuela bisa eksis sampai 207 tahun, di dalam pengaplikasi pemikiran pemimpinnya mereka sangat concern terhadap nasionalisme," tandasnya. [nes]

Komentar Pembaca
Drama Politik Nasdem, Batal jadi Oposisi?

Drama Politik Nasdem, Batal jadi Oposisi?

SELASA, 22 OKTOBER 2019 , 23:25:37

Tidak Ada Tindakan Tegas, Perekonomian Bisa di Bawah 5 Persen
PKS Konsisten Oposisi

PKS Konsisten Oposisi

SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 14:43:03