Gunung Sampah TPA Paritenam Setinggi 8 Meter

Daerah  SELASA, 17 JULI 2018 , 21:13:00 WIB

Gunung Sampah TPA Paritenam Setinggi 8 Meter

Ilustrasi/Net

RMOLBabel. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pangkalpinang, Iwansyah mengatakan, daya tampung Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Pangkalpinang yang terletak di kawasan Paritenam hampir over kapasitas.  
"Saat ini kondisi TPA sudah memprihatinkan, ketinggian sampah sudah mencapai 8 meter lebih," kata Iwansyah kepada Kantor Berita RMOLBabel, Selasa (17/7).

Berdasarkan aturannya, dijelaskan Iwansyah, bahwa kondisi TPA Parienam sudah tidak layak lagi. "Kita juga terkendala dengan lahan yang tersedia, mau tidak mau TPA itu saat ini masih digunakan," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, bahwa sejauh ini pihaknya bersama DPRD Pangkalpinang sudah mengusulkan dibukanya TPA regional untuk menangani over kapasitas TPA Paritenam namun belum ada jawaban dari Pemerintah Provinsi Kepualauan Bangka Belitung (Pemprov Babel).

"Sudah dua kali Babel ganti Gubernur sampai saat ini belum ada realisasi TPA regional ini," keluhnya.

Kendati demikian, usaha demi usaha terus dilakukan terkait hal itu baik dari sosiasilasi tentang persampahan, pengajuan TPA regional sampai melakukan pembebasan lahan guna memperpanjang usia TPA Paritenam.

"Setiap harinya TPA Paritenam menampung masuknya 150 ton sampah. Semoga TPA Regional segera direalisasikan oleh gubernur saat ini sehingga Pangkalpinang tidak jadi kota sampah," harapnya. [ina]

Komentar Pembaca