Kades Belilik Di Tengah Pro Kontra Warga, Sebab Pabrik CPO

Daerah  SENIN, 16 JULI 2018 , 11:34:00 WIB

Kades Belilik Di Tengah Pro Kontra Warga, Sebab Pabrik CPO

Muldari

RMOLBabel. Kepala Desa (Kades) Belilik, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Muldari tak menampik jika rencana pembangunan pabrik minyak kelapa sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) menuai pro kontra di tengah masyarakatnya.
Diungkapkannya, Senin (16/7), beberapa masyarakat menilai adanya pabrik CPO tersebut akan berdampak buruk di sekitar desa seperti limbah dari pabrik. Meski disisi lain, menurut Muldari, banyak manfaat jika pabrik tersebut berdiri di desanya.

"Dengan adanya pabrik CPO tersebut tentunya akan membuka lapangan kerja bagi masyarakat dan membantu perekonomian warga. "Saat ini banyak petani sawit yang ngeluh karena buahnya busuk, ini karena daya tampung pabrik yang ada terbatas. Kalau ada pabrik baru, sawit-sawit ini bisa tertampung," ungkapnya.

"Cuma ada warga khawatir akan terjadi seperti beberapa daerah yang memiliki daerah pabrik dimana rata-rata bermasalah dengan limbah. Mereka hanya mempermasalahkan amdal saja, jika limbahnya bisa diatasi, mereka pasti setuju," katanya lagi.

Meskipun begitu, ia tidak akan mengizinkan pembangunan pabrik tersebut jika warganya menolak. Untuk itu, ia meminta pihak prusahaan harus dapat meyakinkan warganya dalam pengelolahan limbah tersebut. "Intinya kita wellcome. Mendatangkan investor itu susah tapi kalau warga menolak, apa boleh buat," tambahnya.

Saat ini ada tiga desa yang berpotensi menjadi tempat pembangunan pabrik CPO tersebut yakni desa blilik, kurau, dan celuak. "Memang ada tiga tempat tapi kalau dari kuasanya bilang lebih tertarik di sini (belilik-red). Jadi kita tunggu saja perkembangannya," tutup Muldari. [Mg10]

Komentar Pembaca
RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 12:31:48

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15