Bos Sinar Baturusa Prima Bantah Limbah Tapioka Cemari Lingkungan

Daerah  SABTU, 14 JULI 2018 , 18:23:00 WIB

Bos Sinar Baturusa Prima Bantah Limbah Tapioka Cemari Lingkungan

Irwan

RMOLBabel. Pemilik Pabrik Tapioka PT Sinar Baturusa Prima, Irwan membantah pabriknya yang berada di Desa Pudingbesar telah mencemari aliran sungai dan lingkungan desa setempat.
"Nggak ada itu, bahkan itu limbahnya belum kita buang sama sekali," kata Irwan, Sabtu (14/7).

Menurut Irwan, atas dugaan pencemaran itu, belum lama ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka bersama pihak kepolisian setempat serta pihak Kecamatan telah meninjau terkait dugaan pencemaran itu.

"Memang hal itu pernah ada, tapi belum tentu juga dari kami. Tapi kalau itu dari kami, mungkin itu busanya dan terlalu dibesar-besarkan," ujarnya lagi.

Namun menurut dia, untuk IPAL tempat penampung limbah pabrik tapioka yang ia bangun sudah sesuai dengan sistem yang ada. "Karena ini berhubungan dengan lingkungan, jadi harus ada sungai, harus jauh dari pemukiman penduduk ditambah lahan di Bangka ini berpasir, jadi penyerapan limbah itu harus dijaga," jelasnya.

Tak cuma itu saja, tambah Irwan, bangunan yang dibangun juga radiusnya cukup jauh dari pemukiman penduduk setempat mencapai 3 Km sehingga kecil kemungkinan pencemaran itu terjadi. "Tapi nanti banyak penduduk datang itu diluar kemampuan kita," katanya.

Namun ia tak memungkiri soal bau busuk yang disebabkan dari limbah pabrik tapioka ‎itu pasti ada. "Limbah tapioka pasti bau, nggak mungkin ‎hilang, cuma bisa dikurangi. Tapi kami punya tempat limbah yang sangat luas‎ sehingga kami bisa meminimalisir hal itu," tutupnya. [lio]

Komentar Pembaca