Siswa SMP Di Bangka Tengah Terancam Belajar Di Mushola

Kelebihan Daya Tampung

Pendidikan  KAMIS, 12 JULI 2018 , 12:31:00 WIB

Siswa SMP Di Bangka Tengah Terancam Belajar Di Mushola

Ilustrasi/Net

RMOLBabel. Beberapa sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) tampaknya dengan terpaksa menempatkan para siswa baru di kelas alternatif, seperti mushola, labotarium atau ruang lainnya di sekolah lantaran kelebihan daya tampung.
Seperti yang diutarakan Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Bateng, Yahyan kepada Kantor Berita RMOLBabel. Yahyan menyebutkan, kelulusan dari tingkat SD sendiri mencapai 3.490 siswa sementara daya tampung seluruh SMP hanya bisa sampai 3.380 siswa. Oleh karena itu, pihaknya terpaksa menambah rombongan belajar (rombel) untuk menampung siswa baru.

"Jika kita hitung, memang masih ada selilih sekitar 110 siswa. Untuk itu, solusinya beberapa sekolah ada penambahan rombongan belajar baru dan penambahan rombongan belajar per kelas," ungkapnya, Kamis (12/7). Ia menjelaskan, rombongan belajar baru tersebut merupakan penambahan kelas sedangkan rombongan belajar per kelas hanya penambahan siswa dalam satu kelas.

Untuk penambahan rombongan belajar baru, Yahyan mengatakan pihak sekolah dapat mengajarkan siswanya di ruang yang ada di sekolahnya masing-masing agar proses belajar mengajar tetap bisa terlaksana. "Khusus untuk rombongan belajar baru, mereka bisa belajar di mushola, laboratorium atau ruang lainnya sampai ada ruang kelas baru. Kalau untuk rombongan belajar per kelas paling hanya penambahan kursi saja," terangnya.

Penambahan rombongan belajar itu sendiri hanya dilaksanakan di tempat-tempat banyaknya kelulusan tingkat SD sehingga tidak semua SMP ada penambahan rombongan belajar tersebut. "Tidak semua sekolah ada penambahan rombongan belajar ini, hanya SMP 1 Lubuk Besar dan SMP Pangkalanbaru saja, karena disana siswa barunya lebih banyak," demikian Yahyan. [Mg10]

Komentar Pembaca
Negara Merugi, Jokowi Ikut Menikmati?

Negara Merugi, Jokowi Ikut Menikmati?

SENIN, 16 JULI 2018 , 15:00:00

PKS: Prabowo-Anies Hanya Sebatas Wacana

PKS: Prabowo-Anies Hanya Sebatas Wacana

JUM'AT, 13 JULI 2018 , 17:00:00

Sandiaga Uno: Prabowo RR, Kombinasi Luar Biasa
Rizal Ramli Dan Gerakan #2019GantiPresiden

Rizal Ramli Dan Gerakan #2019GantiPresiden

MINGGU, 29 APRIL 2018 , 22:04:00

Ongkos Haji Naik 0,99 Persen

Ongkos Haji Naik 0,99 Persen

KAMIS, 15 MARET 2018 , 18:11:00