KKN Tematik UBB Dusun Tuing

Akan Berdayakan Pemuda Setempat Sebagai Pengerak Pembangunan Desa

Pendidikan  KAMIS, 12 JULI 2018 , 09:21:00 WIB

Akan Berdayakan Pemuda Setempat Sebagai Pengerak Pembangunan Desa

Foto/IST

RMOLBabel. Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB) Muh Yusuf berpesan kepada para mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk dapat mengenali potensi di desa masing-masing, yang akan dijadikan sasaran program-program ungulan untuk dikembangkan demi kemajuan desa.
Selain itu, ditambahkan Yusuf, peran kaula muda di suatu desa sangatlah penting dalam hal pembangunan. Untuk itu, peserta KKN diminta untuk membentuk dan mengkader pemuda desa sehingga dapat menjadi pengerak pembangunan desa.

"Harus punya target di setiap desa untuk mengkader pemuda pengerak pembangunan desa. Tidak harus banyak, kalau hanya ada satu tapi luar biasa itu sangat bagus sekali. Tentu ini penanganannya lebih khusus," tukasnya.

Menindaklanjuti arahan Rektor UBB, KKN Tematik di Dusun Tuing, Desa Mapur, Kabupaten Bangka mengaku sudah jauh-jauh hari melakukan survei untuk pemetaan potensi desa, dan berencana akan memberdayakan kaula muda di bidang pengembangan potensi pariwisata.

"Pemuda dan pemudi di Dusun Tuing ini pada umumnya sudah memiliki potensi diri yang bisa dikembangkan lebih baik lagi. Oleh karena itulah, kami bermaksud untuk melakukan pemberdayaan para pemuda dan pemudi Tuing, sebab mereka adalah tonggak peradaban untuk membawa kemajuan Tuing nanti yang punya banyak potensi alam untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata kedepannya," kata Ketua KKN Tematik UBB Dusun Tuing, Sudarto kepada Kantor Berita RMOLBabel.

Mahasiswa Fakultas Hukum UBB ini menilai, karakter pemuda Tuing yang memiliki semangat juang yang tinggi merupakan modal utama untuk membangun Dusun Tuing lebih berkemajuan dengan ciri khas potensi yang ada.  

"Dengan melalui pendidikan tersebut, kami berharap para pemuda yang tergabung dalam komunitas tersebut bisa berjalan secara efektif dan aktif kedepannya hingga potensi alam Dusun Tuing bisa membawa manfaat besar bagi kemajuan tuing nantinya," demikian Sudarto. [Mg6]

Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

SABTU, 22 SEPTEMBER 2018 , 11:00:00

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00