Jangan Sepelekan Manfaat Berjalan Kaki Untuk Kesehatan

Lifestyle  MINGGU, 08 JULI 2018 , 18:15:00 WIB

Jangan Sepelekan Manfaat Berjalan Kaki Untuk Kesehatan

Foto/Net

RMOLBabel. Manfaat berjalan kaki oleh sebagian orang sering disepelekan, sehingga tidak sedikit orang yang menghindarinya.
Berbagai faktor juga membuat orang semakin meninggalkan kebiasaan jalan kaki, salah satunya adalah karena banyaknya kendaraan ibu kota yang penggunaannya semakin banyak.

Seperti yang kita ketahui, jumlah kendaraan bermotor yang membludak di ibukota merupakan salah satu penyebab jarangnya kita melihat orang berjalan kaki saat menuju sekolah atau pun ke kantor.

Jalan kaki merupakan jenis olahraga yang sangat praktis, tanpa disadari berjalan kaki ke sekolah merupakan kegiatan olahraga yang memiliki manfaat seperti manfaat berenang.

"Jalan kaki bisa sama bagusnya dengan olahraga, jika tidak lebih baik, daripada berlari," kata Dr. Matt Tanneberg, CSCS, seorang Chiropractor olahraga dan Ahli Bersertifikat Kekuatan dan Kondisioner di Phoenix, Arizona yang bekerja dengan atlet elit, seperti dilansir laman NBC, Rabu (4/7).

"Meskipun saya ingin mengatakan bahwa berjalan bisa sama efektifnya dengan olahraga lari, saya tidak akan berbohong kepada Anda. Keduanya tidak boleh dibandingkan satu sama lain," kata John Ford, ahli fisiologi olahraga bersertifikat, yang menjalankan JKF Fitness & Health di New York City.

Berlari, karena perekrutan otot yang lebih besar, kekuatan yang lebih besar dan kemampuan gerak yang lebih cepat, akan selalu sedikit berada di atas berjalan.

Namun, berjalan adalah bentuk latihan yang benar-benar baik dan bisa membantu Anda mencapai kebugaran dan tujuan penurunan berat badan.

Sebenarnya, berjalan adalah latihan yang disarankan bagi banyak orang. Misalnya, untuk mereka dengan masalah lutut, pergelangan kaki dan punggung dan juga untuk orang yang kelebihan berat badan karena obesitas.

"Berjalan adalah latihan dampak yang lebih rendah dan bisa dilakukan untuk waktu yang lebih lama. Ada banyak alasan untuk memasukkan berjalan sebagai bagian dari olahraga," kata Ann Green, M.S., mantan atlet heptathlon dunia, guru yoga dan pemilik studio kebugaran.

"Jalan kaki meningkatkan kebugaran, kesehatan jantung, mengurangi depresi dan kelelahan, memperbaiki suasana hati, menciptakan lebih sedikit tekanan pada sendi dan mengurangi rasa sakit, bisa mencegah kenaikan berat badan, mengurangi risiko kanker dan penyakit kronis, meningkatkan daya tahan, sirkulasi dan postur tubuh Anda," jelas Green.

Ketika membandingkan hasil Studi Kesehatan Pelari Nasional terbaru dengan National Walkers 'Health Study, para peneliti menemukan bahwa energi yang digunakan untuk berjalan dengan intensitas sedang dan intensitas yang kuat mengakibatkan penurunan serupa pada risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes dan penyakit jantung selama periode enam tahun studi.

Penelitian sebelumnya telah mendukung gagasan ini, menemukan bahwa jalan kaki setiap hari bisa mengurangi risiko stroke pada pria dan wanita. Berjalan kaki bahkan bisa menurunkan risiko kematian hingga 39 persen, bila dibandingkan dengan tidak ada aktivitas fisik waktu luang. [fny/jpnn]

Komentar Pembaca
Negara Merugi, Jokowi Ikut Menikmati?

Negara Merugi, Jokowi Ikut Menikmati?

SENIN, 16 JULI 2018 , 15:00:00

PKS: Prabowo-Anies Hanya Sebatas Wacana

PKS: Prabowo-Anies Hanya Sebatas Wacana

JUM'AT, 13 JULI 2018 , 17:00:00

Sandiaga Uno: Prabowo RR, Kombinasi Luar Biasa
Rizal Ramli Dan Gerakan #2019GantiPresiden

Rizal Ramli Dan Gerakan #2019GantiPresiden

MINGGU, 29 APRIL 2018 , 22:04:00

Ongkos Haji Naik 0,99 Persen

Ongkos Haji Naik 0,99 Persen

KAMIS, 15 MARET 2018 , 18:11:00