PT Timah Siapkan Teknologi Terbaru Berbasis Green Mining

Minimalisir Kerusakan Lingkungan

Ekbis  KAMIS, 05 JULI 2018 , 12:22:00 WIB

PT Timah Siapkan Teknologi Terbaru Berbasis Green Mining

Anggi Siahaan

RMOLBabel. PT Timah Tbk tengah menyiapkan teknologi terbaru berbasis green mining yang akan diterapkan pada proses penambangan ke depan.
Peremajaan teknologi produksi yang lebih ramah lingkungan tersebut dibuat sesuai perkembangan yang terjadi saat ini untuk meminimalisir terjadinya kerusakan lingkungan.

Kabid Humas PT Timah Tbk Anggi Siahaan menyampaikan, pihaknya terus berupaya melakukan inovasi-inovasi teknologi dalam proses penambangan yang ramah lingkungan dan sudah siap sejak 2012.

’’Konsep teknologinya sub surface mining. Kami sudah melakukan eksperimen dan improve di akhir 2012. Proses paten pun sudah dilakukan sejak 2015, dan mulai dioperasikan pada Februari 2018,’’ ungkapnya kepada Kantor Berita RMOLBabel.

Teknologi sub surface mining lanjutnya, baru dioperasikan untuk penambangan di darat. Targetnya, tahun 2019 dengan prototype yang sama, PT Timah akan mengoprasikannya di laut.

’’Sekarang yang hampir availabe ada 100 unit. Kami baru mendistribusikan sebanyak 30 unit untuk penambangan di Bangka, dan 10 unit di Belitung. Memang masih belum banyak karena pendistribusian baru dibuka pada Mei kemarin,’’ pungkasnya. [Mg6]

Komentar Pembaca