Jelang Sahur, Jebus Digoyang Gempa

Daerah  SABTU, 09 JUNI 2018 , 12:38:00 WIB

Jelang Sahur, Jebus Digoyang Gempa

Foto/IST

RMOLBabel. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membenarkan adanya gempabumi tektonik di Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat (Babar) menjelang sahur Sabtu diri hari pukul 01.50 WIB.
Kabid Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Dr Daryono menjelaskan, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa ini berkekuatan M=3,4. Episenter gempa terletak pada koordinat 1,73 LS dan 105, 35 BT tepatnya di lepas pantai pada jarak sekitar 25 kilometer arah barat Kota Jebus dengan kedalaman hiposenter 10 kilometer.

"Dampak gempa berupa guncangan dirasakan oleh warga dan diperkirakan dalam skala intensitas II MMI di pesisir pantai Jebus, Kampa, Tirip, Airnyatuh dan Tumbak. Meskipun guncangan gempa hanya berlangsung sekitar 15 detik, gempa tersebut sempat membuat panik warga karena disertai suara gemuruh. Sejumlah warga pun lari berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkn diri," jelasnya pada keterangan tertulis yang diterima Redaksi Kantor Berita RMOLBabel, tadi siang.

Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa ini merupakan jenis aktivitas gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu oleh aktivitas sesar lokal.

"Gempa ini menarik untuk dikaji karena menandai aktifnya tektonik di wilayah Jebus Bangka Barat. Namun demikian sesar yang menjadi pebangkit gempa ini belum terpetakan sebelumnya dan belum memiliki nama," katanya.

Hingga siang hari ini, lanjut dia, hasil monitoring BMKG belum emnunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).

"Berdasarkan data parameter gempa ini dan sejarah gempa di zona Babar, tampak sangat kecil peluang akan terjadi gempa susulan yang lebih besar kekuatannya, untuk itu kepada warga masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat diperanggungjawabkan kebenarannya," demikian Daryono. [ana]



Komentar Pembaca
Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:00:00

Pemerintah Mau Amputasi KPK?

Pemerintah Mau Amputasi KPK?

SELASA, 11 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017