Museum Timah Muntok, Tersedia 9 Galeri Edukasi

Pariwisata  RABU, 30 MEI 2018 , 13:26:00 WIB

Museum Timah Muntok, Tersedia 9 Galeri Edukasi

Foto/IST

RMOLBabel. Museum Timah Muntok diresmikan pada 7 November 2013.
Museum satu ini memiliki nilai historis sejarah yang dulunya merupakan kantor pusat dari Banka Tin Winning Bedjriff milik Pemerintah Belanda (Hoofbureau Bankatinwinning) yang diibangun pada tahun 1915, terdiri dari dua lantai.

Museum Timah Muntok berlokasi di Jalan Jenderal Soedirman, Muntok, Bangka Barat (Babar) ini merupakan pusat informasi tentang perkembangan teknologi peleburan timah, perkembangan melayu Bangka, pengasingan "Bung Karno" serta sejarah perang dunia kedua.

Menariknya, di ruangan museum terdapat galeri sejarah yang menggambarkan profile para tokoh bangsa Indonesia yang pernah diasingkan di Muntok.

Selain itu Museum Timah Muntok bukan saja hanya mengoleksi barang bersejarah, tapi di museum ini juga dilengkapi perpustakaan untuk membantu pengunjung mendapatkan informasi lengkap mengenai koleksi yang terdapat di museum.


Sebanyak sembilan galeri mengisi gedung museum. Sejumlah galeri tersebut di antaranya, galeri yang menceritakan sejarah perkembangan sosial budaya masyarakat Muntok, galeri yang memaparkan bangunan bersejarah di Kota Muntok, galeri ekplorasi pertimahan, galeri tambang darat, galeri tambang laut dan galeri peleburan timah.


"Selain itu juga terdapat galeri sejarah para pemimpin yang pernah diasingkan di Muntok dan galeri yang menggambarkan sejarah perang dunia kedua. Ketika perang dunia kedua, Muntok sempat dijadikan sebagai tempat tawanan perang sekutu oleh Jepang," kata Kepala Museum Timah Muntok, Fakhrizal Abu bakar. [Mg6]

Komentar Pembaca
Partai Gerindra Vokal Tapi Belum Terarah

Partai Gerindra Vokal Tapi Belum Terarah

SELASA, 23 OKTOBER 2018 , 13:00:00

Indonesia Berpotensi Jadi Mangkuk Pangan Asia

Indonesia Berpotensi Jadi Mangkuk Pangan Asia

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Prabowo-Sandi Fokus Revitalisasi Ekonomi Kerakyatan