PILKADA BANGKA 2018

Panwaslu Kawal Ketat Surat Suara Hingga Ke Pendistribusian

Politik  SELASA, 22 MEI 2018 , 20:20:00 WIB

Panwaslu Kawal Ketat Surat Suara Hingga Ke Pendistribusian

Corry Ihsan

RMOLBabel. Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bangka akan mengawasi datangnya surat suara yang sebentar lagi tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Menurut Ketua Panwaslu Bangka, Corry Ihsan, terhadap surat suara yang akan datang ini, pihaknya terlebih dahulu melakukan pengecekan langsung ke perusahaan percetakan suara sembari mengawasi mulai pengiriman, penyimpanan hingga distribusi.

"Untuk surat suara sebenarnya kita mengawasi sejak proses kontrak, mulai ditetapkan pemenang di KPU dan perusahaan dari Kudus itu. Dan kita melakukan koordinasi dengan KPU terkait teknis penyerahan dari perusahaan percetakan di Kudus kepada PT Pos, hingga diterima di sini sampai prosesnya selesai," katanya saat ditemui Kantor Berita RMOL Babel, Selasa (22/5).

Dikatakan Corry,‎ pihaknya pun melihat proses percetakan suara dilakukan dengan proses berlapis, sehingga tak ada celah pihak luar untuk masuk. "Security systemnya sangat baik, kemarin saja proses pengamanan di percetakannya berlapis, tidak gampang orang masuk ke dalam. Proses cetak suaranya cepat," katanya.

Untuk proses pengiriman surat suara yang sedang berlangsung, pihaknya bersama KPU Bangka dan kepolisian akan mengawasi itu. Setelah itu pengawasan akan dilakukan saat proses pelipatan, distribusi dan proses akhir akan terus diawasi. "Karena surat-suara ini salah satu fokus utama kita juga," katan Corry.

Personil pengawas pemilu pun disiapkan secara berjenjang yang mana untuk tingkat Kabupaten langsung oleh Panwaslu di kabupaten. Setelah didistribusikan ke kecamatan akan melibatkan Panwascam hingga ke desa dan kelurahan nanti melibatkan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL).

"Proses pengawasan itu personil kita siapkan. Strategi pengawasan dan jenis cara pelaporan pun kita siapkan untuk pengawasan surat suara, kotak suara dan segala macem logistiknya," katanya.

Pihaknya tidak menampik menaruh kekhawatiran atas keamanan logistik Pilkada, utamanya surat suara. Namun kekhawatiran lebih untuk menjadi sikap kewaspadaan agar tidak terjadi hal hal tak diinginkan. Tetapi ia yakin tidak akan jadi masalah selama Panwas siap melakukan pengawasan.

"Apapun yang menjadi miss dari surat suara yang mungkin bisa disalahgunakan dan segala macem, selama Panwas bisa mengantisipasi itu tidak masalah sebenarnya. Dan penyelenggara pun sudah paham itu, dan dua lembaga ini (Panwas dan KPU) kalau sudah paham dengan tugas masing masing tidak akan masalah," jelasnya.

Pihaknya juga akan mengambil langkah kongkrit dalam pengawasan surat suara apabila telah mengetahui jumlah sortirannya maupun surat suara terpakai dan tidak terpakai. Selisih surat suara pun akan diketahui seperti apa peruntukannya guna menjamin tidak disalahgunakan.

Sebelumnya, jumlah surat suara yang dicetak berdasarkan DPT ditambah 2,5 % surat  suara cadangan adalah 205.529, ditambah 2.000 bila terjadi pemungutan ulang. Namun apabila ada kerusakan untuk surat suara inti langsung dikoordinasikan ke KPU RI untuk selanjutnya KPU RI akan menghubungi pihak percetakan guna pergantian.

Surat suara Pilkada Bangka itu akan didistribusikan ke kecamatan-kecamatan paling tidak H-2 sebelum pelaksanaan pemungutan suara. Pengamanan surat suara setelah dari percetakan akan menjadi tanggungjawab PT Pos yang melakukan pengiriman serta Polres Bangka ketika memasuki Pulau Bangka.

Selain surat suara, logistik Pilkada lainnya yang disedikan berupa tinta, hologram, segel dan kotak suara. Untuk tinta sudah tersedia di gudang KPU yang berjumlah 1.168 botol, segel sekitar 14 ribuan. Dan untuk hologram masih proses percetakan di Cileungsi, Jawa Barat. [lio]

Komentar Pembaca
Aman Abdurrahman Divonis Hukuman Mati

Aman Abdurrahman Divonis Hukuman Mati

JUM'AT, 22 JUNI 2018 , 11:00:00

Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

SELASA, 19 JUNI 2018 , 11:00:00

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

SENIN, 18 JUNI 2018 , 09:00:00

Rizal Ramli Dan Gerakan #2019GantiPresiden

Rizal Ramli Dan Gerakan #2019GantiPresiden

MINGGU, 29 APRIL 2018 , 22:04:00

Ongkos Haji Naik 0,99 Persen

Ongkos Haji Naik 0,99 Persen

KAMIS, 15 MARET 2018 , 18:11:00