Hampir Bangkrut, Herawati Berhasil Bangkit Berkat PT Timah

Rintis Usaha Sirup Jeruk Kunci Mirando

Ekbis  JUM'AT, 13 APRIL 2018 , 20:47:00 WIB

Hampir Bangkrut, Herawati Berhasil Bangkit Berkat PT Timah

Herawati menunjukan produk usahanya/RMOLBabel

RMOL. Usaha Sirup Jeruk Kunci Mirando yang dirintis oleh Herawati (45) sejak 2012 silam, sempat mengalami keterpurukan pada tiga tahun berjalan usahanya di 2015 karena terkendala modal.
Hal itu pun sempat membuat dirinya hampir putus asa dan memutuskan ingin berhenti menjalankan usaha yang menjadi sumber penghasilan keluarganya.

Doa dan usaha pun ia lakukan untuk bertahan dan bangkit dari keterpurukan pada tahun 2015 silam. Alhasil, ikhtiarnya membuahkan hasil. Pada tahun 2015 ia mendapatkan informasi tentang program Mitra Binaan PT Timah Tbk.

Tanpa pikir panjang, kesempatan tersebut ia manfaatkan dengan sebaik mungkin dan pada akhirnya melalui program Mitra Binaan. Ia diberikan pinjaman modal untuk pengembangan usaha.

Sejak mendapatkan pinjaman modal dari PT Timah Tbk, modal tersebut digunakan dengan sebaik-baiknya. Alhasil ia pun mampu bangkit dari masa-masa sulit. Bahkan kini, produk yang ia pasarkan pangsa pasarnya telah sampai ke luar daerah.

"Kalau untuk gabung program Mitra Binaan PT Timah, pada tahun 2017 ini udah masuk ke tahun kedua. Udah yang kedua kalinya, dari 2015," ceritanya kepada Kantor Berita RMOLBabel, Jum'at sore (13/4). Lanjutnya, pinjaman modal pada tahun 2015 sebesar Rp 15 juta dan untuk Desember 2017 lalu sebesar Rp 30 juta.

Ia mengaku setelah mendapatkan bantuan melalui program ini, usahanya pun semakin berkembang dan omzet penjualan semakin meningkat.

"Sebelumnya belum berkembang karena kita mentok dengan modal. Setelah dapat bantuan usaha kami terbantu. Bahan bakunya juga gitu. Alhamdulillah kita sudah bisa stok banyak," ungkapnya.

Selain itu, untuk pemasaran telah sampai ke beberapa kota besar di Indonesia antara lain Jakarta, Tegal,  Bandung, Depok, dan lain-lain.

Bukan hanya mendapatkan bantuan pinjaman modal, PT Timah Tbk lanjutnya memberikan fasilitas berupa diikutsertakan dalam setiap pelatihan kewirausahaan, seminar, dan pameran baik dalam kota maupun sampai keluar kota.

"Saya berharap mudah-mudahan Timah tidak hanya mempromosikan produk Mitra Binaan, tapi dibuatkan galeri, adanya klinik kemasan. Jadi kita tidak perlu order jauh-jauh lagi. Lebih dipermudah lagi," harapnya kepada PT Timah Tbk.

"Semoga PT Timah terutama di bidang CSR rencana untuk buat klinik kemasan segera dilaksanakan. Biar lebih mudah lagi para UMKM mencari kemasan. Kita sangat bersyukur sekali dengan adanya Program PT Timah, banyak peningkatan semenjak bergabung dengan PT Timah itu. Mudah-mudahan seterusnya PT Timah tetap jaya agar bisa menolong para UMKM dan bisa bermitra dengan para UMKM," pungkasnya. [Mg6]

Komentar Pembaca