Serius Angkat Potensi Marine Geopark Babel, Gubernur Bentuk Tim Percepatan

Pariwisata  MINGGU, 25 MARET 2018 , 22:08:00 WIB

Serius Angkat Potensi Marine Geopark Babel, Gubernur  Bentuk Tim Percepatan

Foto/Ist

RMOL. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman serius dalam mengelola dan mengorek potensi marine geopark yang ada di Negeri Serumpun Sebalai ini. Bentuk keseriusan Gubernur Babel ini, ditandai dengan membentuk tim percepatan lintas OPD (organisasi perangkat daerah) dan instansi terkait menyiapkan Badan Pengelola Marine Geopark Babel.
"Kita ingin potensi marine geopark di Bumi Babel ini segera kita ungkap ke permukaan. Ini bukti bahwa Negeri Serumpun Sebalai ini memiliki banyak potensi pariwisata yang belum terungkap," ujar Gubernur Erzaldi.

Tim percepatan ini beranggotakan personel dari sejumlah OPD di Pemprov Kepulauan Babel dan Universitas Bangka Belitung (UBB). Dengan masa tugas selama tiga bulan, menghantar terbentuknya Badan Pengelola Marine Geopark Babel.

Menurut Kabid Geologi dan Air Tanah Dinas ESDM Babel Agus Setio Rini ST MM dalam rapat terbatas dihadiri Prof Dr Ir Agus Hartoko MSc, Kepala UBB Press Eddy Jajang J Atmaja, Kepala UPT TIK UBB Ghiri Basuki, Ismono Hadi (Bappeda Pemprov Babel), Andi Namandang (Biro Hukum Pemprov Babel) dan Evina Puri Utami ST (Dinas ESDM Pemprov Babel), di Kantor ESDM, Jumat (23/03/2018).

Badan Pengelola Marine Geopark yang hendak dibentuk ini, Prof Dr Ir Agus Hartoko MSc mengusul hendaknya organisasi itu merupakan perpaduan antara OPD dengan intansi terkait (antara lain UBB) di wilayah Babel yang mana fungsi koordinasinya berada pada Bappeda Babel.

Dalam kegiatannya, Badan Pengelola Marine Geopark nanti akan melibatkan masyarakat, komunitas dan perangkat desa. Sehingga hasil dari pengelolaan marine geopark akan langsung dirasakan dan dinikmati warga masyarakat  setempat.

Sementara itu Prof Agus Hartoko mencontohkan apa yang telah dilakukan UBB di Desa Tukak Sadai, Bangka Selatan, untuk memanfaatkan hutan mangrove di sana menjadi wisata alam dan edukasi serta menghasilkan sirop dari tanaman mangrove.

"Tentu penelitian dan pemberdayaan masyarakat kita lakukan bersama. UBB sebelum ini pernah melakukan hal ini di Pulau Begadung, Bangka Tengah dan Tuing Kabupaten Bangka. Bedanya pengelolaan geosite Pulau Begadung diserahkan pemiliknya kepada UBB," tukas Agus Hartoko. [rel] 

Komentar Pembaca
Partai Gerindra Vokal Tapi Belum Terarah

Partai Gerindra Vokal Tapi Belum Terarah

SELASA, 23 OKTOBER 2018 , 13:00:00

Indonesia Berpotensi Jadi Mangkuk Pangan Asia

Indonesia Berpotensi Jadi Mangkuk Pangan Asia

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Prabowo-Sandi Fokus Revitalisasi Ekonomi Kerakyatan