Bangka Culture Wave Sajikan Keunikan Pulau Bangka

Pariwisata  SABTU, 24 MARET 2018 , 22:57:00 WIB

Bangka Culture Wave Sajikan Keunikan Pulau Bangka

Foto/IST

RMOL. Bangka Culture Wave, Sabtu (24/3) resmi dibuka. Bertempat DeLocomotief Pantai Tongaci, Sungailiat, Kabupaten Bangka, acara yang masuk kalender event nasional itu berlangsung hingga 5 April 2018 dengan menyajikan kegiatan multi etnis yang membentuk keunikan Pulau Bangka selama berabad-abad, mulai dari budaya Melayu, China, Jawa, Arab dan berbagai ragam suku Bangsa di Indonesia serta budaya Belanda.
Kegiatan ini juga menjadi sebuah kegiatan dalam menyambut perayaan Sembahyang Kubur (Ceng Beng) yang dirayakan masyarakat Tionghoa dengan tema "Coming Home Celebration". Hadir Sekrtaris Daerah (Sekda) Babel Yan Megawandi dalam pembukaan tersebut menyampaikan apresiasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) atas terselenggaranya Bangka Culture Wave.

"Dengan perpaduan multi etnis yang dimiliki oleh masyarakat Babel yang selalu terjaga sampai saat ini merupakan bagian terpenting dalam menjaga kesatuan dan persatuan bangsa," kata Yan, seraya berterima kasih kepada Kementerian Pariwisata yang telah mengagendakan kegiatan Bangka Culture Wave dan Festival Tanjung Kelayang sesuai kalender event nasional.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Kalender of Event Kementerian Pariwisata Muhammad Iqbal Alamsyah  menjelaskan, kementerian mendukung kegiatan-kegiatan pariwisata yang dilakukan pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan pariwisata Indonesia dari Sabang hingga Marauke.

Kementerian Pariwisata ditambahkannya, mendukung pelaksanaan Bangka Culture Wave  ini, karena dengan pelaksanaan ini akan menghasilkan news value dan creatif value, sehingga dengan kegiatan Bangka Culture Wave akan mendatangkan wisatawan domestik dan manca negara.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Deputi Pelayaran, Perikanan dan Pariwisata Kemenko Kemaritiman Rahman Hidayat mengatakan, keunggulan utama yang ada di Babel selain sumber daya alamnya yang indah, akulturasi dan asimilasi kebudayaan Melayu dan kebudayaan Tionghoa yang ada di Negeri Serumpun Sebalai, Negeri Laskar Pelangi ini, selalu terjaga dengan baik.

Pembukaan Bangka Culture Wave ini, ditandai dengan pemukulan beduk oleh Wakil Ketua Bidang Kalender of Event Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Muhammad Iqbal Alamsyah diikuti Sekda Babel dan undangan lainnya, dan dilanjutkan pelepasan Penyu ke laut lepas. [ana]

Komentar Pembaca
Partai Gerindra Vokal Tapi Belum Terarah

Partai Gerindra Vokal Tapi Belum Terarah

SELASA, 23 OKTOBER 2018 , 13:00:00

Indonesia Berpotensi Jadi Mangkuk Pangan Asia

Indonesia Berpotensi Jadi Mangkuk Pangan Asia

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Prabowo-Sandi Fokus Revitalisasi Ekonomi Kerakyatan