Pembahasan LKPj Wajib Diikuti Kepala Dinas

Daerah  SABTU, 24 MARET 2018 , 14:20:00 WIB

Pembahasan LKPj Wajib Diikuti Kepala Dinas

Foto/Net

RMOL. DPRD Bangka Belitung (Babel) mengingatkan para kepala dinas, masing-masing yang memimpin organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dapat hadir pada pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) tahun anggaran 2017.
Hal itu disampaikan Ketua DPRD Babel Didit Srigujaya pada paripurna penyampaian LKPj 2017, Jumat (23/3) yang dihadiri langsung Gubernur Erzaldi Rosman.

Menurut Didit, dalam pembahasan LKPj 2017 tidak boleh diwakili oleh pejabat eselon III dan IV karena mereka tidak akan memahami. Harus kepala OPD yang yang bertanggung jawab atas anggaran.

"Untuk itu saya tekankan dalam pembacaan teks tadi untuk rapat (LKPj) ini tidak untuk diwakili dan jika diwakili kita tidak akan membahas itu," ujar Didit.

Didit menerangkan, LKPj ini akan dibahas secara komprehensif, rasional, objektif dan profesionalisme. Apalagi LKPJ ini adalah suatu bentuk komitmen DPRD dan pemerintah daerah untuk menyampaikan ke publik terhadap pertanggungjawaban uang rakyat ini.

"DPRD  juga akan menurunkan tim untuk mengecek secara langsung kebenaran laporan yang disampaikan dengan fakta di lapangan. Misalnya saja di laporan lebar jalan tiga meter, maka akan dicek apakah fakta di lapangan sesuai dengan di laporan dan juga laporan bantuan beasiswa, akan dicek siapa saja yang menerima beasiswa tersebut," jelasnya.

Ia juga meminta kepada masing-masing OPD untuk mempersiapkan secara administrasi dan secara kelengkapan apa yang disampaikan. "Jika tidak sesuai dengan fakta yang di lapangan itu urusan masing-masing OPD. Ini merupakan  salah satu bentuk kontrol dan fungsi daripada fungsi DPRD dalam pengawasan," pungkas Didit. [ana]

Komentar Pembaca
Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 12:31:48

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11