Disbudpar Babel Segera Gelar Forum Koordinasi Pengembangan Pariwisata

Pariwisata  JUM'AT, 23 MARET 2018 , 22:46:00 WIB

Disbudpar Babel Segera Gelar Forum Koordinasi Pengembangan Pariwisata

Foto/Ist

RMOL. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) akan segera menggelar Forum Koordinasi Pengembangan Destinasi. Rencananya kegiatan ini akan diselenggarakan pada Rabu (28/3) mendatang.
Hal ini disampaikan Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Disbudpar Babel Rusni Budiati di ruang kerjanya, Jumat (23/3).

"Kami Bidang Destinasi dalam waktu dekat akan menyelenggarakan Forum Koordinasi Pengembangan Destinasi Pariwisata Babel, tepatnya pada hari Rabu pekan depan tanggal 28 Maret 2018,” kata Rusni.

Rusni menjelaskan, pelaksanaan forum ini dilatarbelakangi oleh pembangunan pariwisata dengan dimensi permasalahan yang kompleks dan melibatkan banyak pihak dari berbagai sektor.

"Pembangunan pariwisata di Babel, sebagaimana juga di daerah lain mempunyai dimensi permasalahan yang begitu kompleks, melibatkan banyak pihak, serta pemangku kepentingan dari berbagai sektor dan level," jelas Rusni.

Di dalam destinasi pariwisata, setidaknya ada beberapa urusan yang langsung terkait, yakni aksesibilitas, amenitas, fasilitas umum, dan fasilitas pariwisata, serta pemberdayaan masyarakat yang semuanya ditangani berbagai instansi yang mempunyai kewenangan, tugas, dan fungsi beragam pula.

Senada dengan Rusni, Kepala Disbudpar Babel A Rivai mengatakan dibutuhkan integrasi antar organisasi perangkat daerah dalam mempercepat pembangunan pariwisata di Babel.

"Integrasi antar perangkat daerah dan para pemangku kepentingan sangat diperlukan untuk mempercepat terjadinya pembangunan pariwisata di Babel yang efektif, efisien, dan berkelanjutan," kata Rivai. Untuk itu, lanjutnya, dibutuhkan pembicaraan bersama untuk mengidentifikasi permasalahan dan solusi atas permasalahan yang ada pada suatu destinasi.

Rivai mengatakan forum ini bertujuan untuk mencapai kesamaan dan kesatuan dengan instansi pemerintah dan stakeholder dalam pembangunan destinasi pariwisata.

Forum yang bertemakan "Sinergi Pengembangan Destinasi Pariwisata Menuju Pembangunan Kepariwisataan yang Berkelanjutan di Kepulauan Bangka Belitung" ini mencakup pemaparan Kebijakan Kementerian Pariwisata Indonesia terkait Pembangunan Kepariwisataan 2018, Program kegiatan Bidang Destinasi Disbudpar Babel, Penyelarasan Visi Misi Pembangunan Pariwisata antar Instansi Pemerintah Terkait, Masyarakat, dan Stakeholders, dan terakhir adalah Pembahasan Masalah Pembangunan Destinasi Pariwisata.

"Yang akan hadir pada forum ini, antara lain Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dnas Koperasi dan UMKM, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan satu Pintu, serta para pemangku kepentingan pariwisata, antara lain ASITA, ASATI, PHRI, HPI, PUTERI, GIPI, dan MPI," Urainya. [rel] 

Komentar Pembaca
Sahabat Rocky Gerung Melawan!

Sahabat Rocky Gerung Melawan!

KAMIS, 19 APRIL 2018 , 11:00:00

Jembatan Widang Di Tuban Ambruk

Jembatan Widang Di Tuban Ambruk

SELASA, 17 APRIL 2018 , 13:00:00

Rizal Ramli, Sang Ngofa Tidore

Rizal Ramli, Sang Ngofa Tidore

SENIN, 16 APRIL 2018 , 19:00:00

Takbir, Pasangan Mulya Daftar Ke KPU Bangka

Takbir, Pasangan Mulya Daftar Ke KPU Bangka

RABU, 09 JANUARI 2008 , 15:37:00

Ongkos Haji Naik 0,99 Persen

Ongkos Haji Naik 0,99 Persen

KAMIS, 15 MARET 2018 , 18:11:00