Gubernur : Petani Babel Harus Biasakan Diri Gunakan Android

Daerah  SABTU, 17 MARET 2018 , 13:16:00 WIB

Gubernur : Petani Babel Harus Biasakan Diri Gunakan Android

Foto: IST

RMOL. Sudah saatnya para petani di Bangka Belitung (Babel) memiliki handphone jenis android. Perangkat komunikasi ini, diyakini bisa menjadi alat informasi dalam berbisnis, termasuk transaksi hasil pertanian. Bahkan Gubernur Babel Erzaldi Rosman harus mensosialisasikan penggunaan alat komunikasi ini kepada para petani lada di Desa Rajik Kecamatan Simpang Rimba Kabupaten Bangka Selatan, Jumat (16/3).
Ajakan Gubernur ini disampaikan saat program Natak Kampung di Kecamatan Simpangrimba Bangka Selatan. Di hadapan jamaah Masjid Baitul Ummah Desa Rajik, usai sholat Jumat berjamaah, Gubernur Erzaldi berdialog tentang program Resi Gudang, sebagai program dalam mengatasi persoalan pemasaran lada sekarang ini.

Kepada masyarakat  Desa Rajik, Gubernur  meminta para Petani, mulai sekarang  membiasakan diri menggunakan Handphone (HP) Android, yakni HP yang bisa mengakses segala bentuk informasi melalui internet.

Mulai sekarang, Petani harus membiasakan diri menggunakan HP Android. Karena dari HP ini, para Petani bisa mengecek mengenai Lada, mulai dari perkembangan harganya di pasaran maupun hal-hal lain yang berkaitan dengan Lada,” ungkap Gubernur.

Apalagi, kata Gubernur Erzaldi, saat ini Pemprov Babel telah memiliki Program Resi Gudang Lada. "Petani Rajik harus tahu bahwa Pemprov Babel memiliki Program Sistem Resi Gudang Lada. Program ini sudah mulai jalan," ujarnya dilansir di laman Info Gubernur.

Gubernur menjelaskan, sebelum gabung kedalam Sistem Resi Gudang Lada, Petani harus paham dulu apa itu Resi Gudang, dan apa keuntungannya.

Dalam sistem Resi Gudang Lada ini, Petani sangat diuntungkan, berkenaan dengan masalah harga. Misalnya, Petani memiliki Lada sekian kilogram, kemudian dititipkan ke Resi Gudang Lada yang mana harganya saat itu Rp50.000, maka si Petani bisa mendapatkan pembayaran sebesar 70 persen dari jumlah tersebut.  Sisa Lada yang dititip misalnya 6 bulan dengan akad syari’ah kedua belah pihak, maka sisanya sebesar 30 persen yang telah dititipkan, jika terjadi kenaikan harga melebihi angka Rp 50.000 tersebut, maka akan dilakukan bagi hasil,” jelas Gubernur.

Dengan sistem ini, kata Gubernur Erzaldi, maka petani memiliki simpanan dan jelas menguntungkan para petani yang mengikuti program resi gudang. Beda halnya, kalau petani tidak menggunakan Resi Gudang seperti yang dilakukan selama ini, maka petani selain tidak memiliki simpanan, karena langsung sekali jual dan habis, juga pada saat harga Lada turun, sementara Lada banyak, mau tidak mau Petani mendapatkan pembayaran dari harga jual Lada yang cederung murah.

Tujuan Pemerintah Daerah, ditegaskan Gubernur dalam hal Resi Gudang Lada, tidak lain adalah untuk membantu mensejahterakan Petani Lada. Gubernur juga mengimbau Petani Rajik bagi yang berminat terhadap bibit Lada Unggul, dapat mengajukannya ke Pemprov Babel melalui kelompok tani. Sebab, kata Gubernur, Pemprov memiliki kisaran 4 juta bibit Lada Unggul untuk membantu Petani Lada di Babel.

Pada kesempatan sama, Gubernur juga mengajak Petani Lada di Rajik, supaya tidak cepat menyerah untuk terus menanam lada. "Jangan sampai pas harga Lada murah tidak mau berkebun lada lagi, tetap semangat," kata Gubernur.

Sosialisasi terkait program baru Gubernur  Erzaldi tersebut, langsung mendapatkan respon positif dari anggota  DPRD Babel dapil Bangka Selatan, H Murdiman.

Dalam kesempatan itu, Murdiman  menyampaikan terima kasih kepada Gubernur yang telah memberikan pemahaman kepada masyarakat, utamanya berprofesi Petani Lada. Termasuk adanya bantuan bibit Lada Unggul yang disediakan Pemprov Babel, Murdiman juga menyambut baik, dan berharap Petani setempat dapat memanfaatkan bantuan tersebut. [ana]



Komentar Pembaca
RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 12:31:48

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15