BPS Bersama Diskominfo Babel Bahas Kewenangan Kelola Satistik

Daerah  JUM'AT, 02 MARET 2018 , 19:06:00 WIB

BPS Bersama Diskominfo Babel Bahas Kewenangan Kelola Satistik
RMOL.Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan Rapat Koordinasi Pembinaan Statistik Sektoral dan Silahturahmi, Jumat (2/3), di kantor Diskominfo Babel.
Tim BPS dipimpin langsung Kepala BPS Babel, Darwin Sitorus.

Menurut Darwin, kedatangan mereka ke kantor Diskominfo untuk melakukan kunjungan silaturrahmi dan sekaligus melakukan rapat koordinasi.

"Berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, maka statistik merupakan urusan pemerintahan konkuren wajib non pelayanan dasar. Selain itu dibentuk organisasi statistik sektoral di provinsi/kabupaten/kota sehingga statistik merupakan satu rumpun dengan persandian maupun dengan informatika,” papar Darwin

Lebih jauh Darwin menyatakan, dengan demikian nantinya statistik akan dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika. Tak lama lagi bakal dikeluarkan Perpres tentang Satu Data yang akan dilaunching pada 1 Juni 2018 mendatang,”ujar Darwin.

Dengan demikian nantinya Seksi Statistik di Dinas Kominfo akan berperan sebagai wali data. Sehingga seluruh OPD dan lembaga terkait bisa mendapatkan data dari Dinas Kominfo sebagai produsen data. Namun pembinaan pengelolaan data statistik tetap dilakukan oleh BPS Babel kepada dinas kominfo di provinsi/kabupaten/kota.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Babel, Sudarman menuturkan pada dasarnya pihak Kominfo siap mengemban amanah yang sudah diatur dalam beberapa regulasi tentang tugas statistik ini. Namun kami berharap agar tugas pengelolaan statistik ini dibantu dengan tersedianya dana dan SDM yang memadai sehingga tugas ini dapat dilakukan secara profesional sesuai aturan yang berlaku,” harap Sudarman.

Dalam pertemuan ini Sudarman didampingi Kabid Pemberdayaan TIK, Statistik, dan Persandian M. Bayu serta Kasi Pengelolan Data dan Statistik Sri Nurcahayani.[ahd]

Komentar Pembaca
Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 12:31:48

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11