Festival Cap Gomeh Bakal Jadi Daya Tarik Wisata Jakarta

Pariwisata  JUM'AT, 02 MARET 2018 , 06:38:00 WIB

Festival Cap Gomeh Bakal Jadi Daya Tarik Wisata Jakarta

Foto/Net

RMOL. Festival Cap Go Meh tidak hanya menjadi sarana hiburan, mempererat persatuan dan kesatuan, tapi juga mampu mengembangkan perekonomian masyarakat.
Begitu kata Ketua Dewan Pembina Yayasan Rumah Kebangsaan Indonesia (YRKI), Darmadi Surianto.

Menurutnya, Festival Cap Go Meh sejalan dengan ajaran Trisakti Presiden RI pertama Soekarno. Dalam salah satu ajaran tersebut menyoroti tentang budaya yang menjadi identitas bangsa.

Oleh sebab itu, sambung Darmadi sebagai salah satu budaya bangsa, Festival Cap Go Meh harus tetap dilestarikan sehingga tidak terlekang zaman.

"Kita sudah seharusnya memiliki identitas pribadi yang hanya akan menjadi milik Indonesia, yaitu kebudayaannya," ujar Darmadi.

Diketahui, penyelenggaraan Festival Cap Go Meh tiap tahunnya digelar secara akbar di Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat. Namun, bagi masyarakat Jakarta yang tidak sempat berkunjung kesana dapat menyaksikan festival serupa di Krendang Raya, Jakarta Barat dan Kirab Budaya Cap Go Meh 2018 di Pademangan Jakarta Utara pada Minggu, (4/3) mendatang.

Kata Darmadi, kedua acara yang diselenggarakan oleh  YRKI Tambora Darmadi Durianto dan YRKI Darmadi Durianto Mangga Dua bakal menampilkan beragam gelaran budaya yang layak disaksikan.

Sejurus dengan Darmadi, Rojali selaku Ketua YRKI Darmadi Durianto Mangga Dua Raya yang juga Wakil Ketua Pengurus Vihara Kwan Im Hud Bo Pademangan menilai Kirab Budaya Cap Go Meh 2018 Pademangan yang bertema 'Membangkitkan Semangat Persatuan Antar Umat Beragama dalam Bingkai NKRI' itu bakal membuktikan semua komponen bangsa dapat hidup rukun tanpa melihat adanya perbedaan.

"Kami ingin menyampaikan pesan bahwa kita adalah Indonesia yang memegah teguh nilai-nilai Pancasila, bersatu dalam keberagaman tanpa melihat perbedaan," ujar Rojali.

Tak jauh beda, Ketua YRKI Darmadi Durianto Tambora, Phang Mui Jun mengatakan Festival Cap Go Meh Krendang Raya adalah upaya anak bangsa untuk melestarikan tradisi dan budaya serta persatuan dan kesatuan. Sebab, tak hanya budaya Tionghoa, acara ini juga akan dimeriahkan oleh atraksi budaya asli Indonesia lainnya seperti ondel-ondel Betawi dan budaya Nusantara lainnya.

"Dijamin Krendang rasa Singkawang, ayo datang dan saksikan bersama keluarga, kita berbaur bersama tanpa melihat perbedaan," tutup Phang Mui Jun. [nes]

Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

SABTU, 22 SEPTEMBER 2018 , 11:00:00

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00