Fadli Zon: DPR Tetap Terbuka Untuk Kritik

Politik  SELASA, 13 FEBRUARI 2018 , 11:49:00 WIB

Fadli Zon: DPR Tetap Terbuka Untuk Kritik

Fadli Zon/RMOL

RMOL. Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon memastikan bahwa Parlemen tetap terbuka pada segala macam kritik yang akan disampaikan oleh masyarakat.
"DPR itu ya sebuah lembaga yang harus terbuka, apalagi terhadap kritik ya," ujar Fadli di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/2).

Pernyataan Fadli menjawab pandangan bahwa dalam UU MD3 yang baru disahkan kemarin, akan membuat DPR anti kritik dengan adanya kewenangan untuk melakukan pemanggilan paksa bagi siapapun yang merendahkan martabat anggota dewan.

Menurutnya, aturan tersebut hanya berlaku untuk pernyataan yang tidak jelas kebenarannya atau fitnah.

"Mungkin yang terkait di sini adalah yang menyangkut masalah penghinaan atau fitnah, tapi kalau mengkritik saya kira enggak ada berubah," jelasnya.

Wakil Ketua Umum Gerindra ini pun menyebut DPR sama seperti lembaga lain yang perlu diawasi dan dikoreksi supaya dapat menjalankan tugas dengan maksimal.

"Jadi harus tetap dikritik diberikan masukan, dikoreksi kalau ada kesalahan. Sama halnya dengan lembaga lain," tukasnya.

Perdebatan DPR akan menjadi anti kritik termuat dalam pasal 122 UU MD3 mengenai langkah hukum Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) kepada siapa pun yang merendahkan DPR dan anggota DPR. [rus]

Komentar Pembaca
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Jokowi-Ma

Jokowi-Ma"ruf Diduga Curi Start Kampanye

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 13:00:00