Babel Akan Punya Pabrik Zircon Triliunan Rupiah

PT PPMM Lakukan Peletakan Batu Pertama Bersama Gubernur

Ekbis  SENIN, 12 FEBRUARI 2018 , 23:21:00 WIB

Babel Akan Punya Pabrik Zircon Triliunan Rupiah

Foto: IST

RMOL. Pabrik pengolahan dan pemurnian mineral zirkon dan elmenit akan berdiri di Bangka Belitung (Babel).
Industri pertama di Babel itu diperkirakan mencapai triliunan rupiah yang dibangun di kawasan Industri Air Anyer, Desa Mudel Sungai Mengkaong, Kabupaten Bangka lewat peletakan batu pertama yang digelar Senin (12/2).

Hadir langsung Gubernur Babel, Erzaldi Rosman pada peletakan batu pertama yang disaksikan Deputi Infrastruktur Kemenko Kemaritiman Ridwan Jamaluddin, Bupati Bangka Tarmizi Saat, Pimpinan PT PPMM Adi Sentosa, perwakilan Mabes Polri Irjen Pol Ike Edwin dan Forkopimda.

Dalam kesempatan itu, Gubernur megapresiasi langkah PT PPMM atas pembangunan industri pengolahan mineral ikutan di Babel. Kehadiran PT PPMM akan memberikan manfaat bukan hanya kepada masyarakat di Babel saja, tetapi Indonesia pada umumnya.

"Prinsipnya tak ada istilah menjual tanah negara keluar. Pengiriman zirkon dan mineral ikutan ini sudah berlangsung lama terjadi di Babel, mungkin sudah 20 tahun lalu setelah masyarakat mengenal adanya industri ini. Kita tidak tahu dan tidak ada teknologi mengelola ini sehingga semua kekayaan kita ini semuanya dikirim ke luar negeri. Dengan cara ini justru yang menikmati nilai tambahnya adalah orang luar," ungkapnya.

Dengan adanya pabrik pengolahan dan pemurnian mineral ini, Erzaldi meyakini zirkon dan elmenit sudah bisa dikelola di Babel akan berdampak kepada masyarakat Babel, terutama peluang kerja akan lebih mudah didapat. "Kita memang tidak ingin barang berharga ini keluar Babel," ujar Erzaldi.

Gubernur berharap kehadiran pabrik ini nantinya mampu mengakomodir kebutuhan pokok nasional yang butuhkan para pelaku usaha baik luar dan dalam negeri. "Kita berharap pabrik ini bisa segera beroperasi. Jika nantinya beroperasi, maka ke depan masyarakat Babel bisa lebih sejahtera dan perputaran ekonomi bisa lebih lancar,” tukasnya.

Sementara Direktur Operasional PT PPMM Edi Sunanta menyatakan pihaknya segera membangun pabrik pertama pengolahan mineral zirkon dan elmenit. "Untuk tahap pertama ini bisa menghabiskan Rp 1 triliun," ujarnya.

Seperti halnya harapan Gubernur, kata Edi, adanya pabrik pengolahan mineral, zirkon dan elmenit ini bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan menyelamatkan aset daerah. Selain memberikan dampak pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat Bangka dan sekitar.

"Semoga niat baik kita ini berjalan dengan baik dan memberikan kebaikan kepada kita semua," harap Edi. [qie]

Komentar Pembaca
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Jokowi-Ma

Jokowi-Ma"ruf Diduga Curi Start Kampanye

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 13:00:00