LPSK Gandeng UBB, Minta Mahasiswa Dampingi Korban Dan Saksi

Pendidikan  SELASA, 06 FEBRUARI 2018 , 22:39:00 WIB

LPSK Gandeng UBB, Minta Mahasiswa Dampingi Korban Dan Saksi
RMOL. Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) RI berkunjung ke Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung (FH UBB), Selasa (6/2) dalam rangka kuliah umum dan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU).
Hadiri langsung Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai sebagai narasumber dalam kuliah umum sekaligus yang melakukan penandatanganan MoU yang disaksikan oleh Wakil Rektor I UBB Ismed Inonu, Dekan FH UBB Syamsul Hadi, Ketua Jurusan FH UBB Jeanne Mannik, Dekan FISIP UBB Ibrahim, para Dosen FH UBB, dan Mahasiswa FH UBB.

Dalam sambutannya, Ismed Inonu menyampaikan, UBB menyambut baik kedatangan Ketua LPSK RI yang ingin menjalin kerjasama dengan UBB dengan penandatanganan MoU.

"Saya harapan, dengan diadakannya kuliah umum ini bisa menambah pengetahuan mahasiswa terhadap perlindungan saksi dan korban serta dengan ditandatangani MoU bisa menjalin kerjasama apabila ada suatu hal yang menyangkut perlindungan saksi dan korban," kata Ismed.

Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai juga berharap, informasi yang disampaikan dalam kuliah umum dapat bermanfaat bagi mahasiswa.

"LPSK berbagi informasi tentang bagaimana cara memberikan perlindungan saksi dan korban, dimana hal-hal yang belum diketahui ketika di kelas. Apabila kedepannya kalian menjadi penegak hukum, pengetahuan yang disampaikan bisa berguna untuk pemenuhan hak saksi dan korban," jelasnya.

Lewat MoU ini, kata Haris, mahasiswa dapat membantu masyarakat sesuai dengan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Melalui pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa dapat membantu mendampingi korban dan saksi dari suatu tindak pidana untuk membantu melapor kepada LPSK dan memfasilitasinya," terang Haris.

Terpisah, Ketua Jurusan Ilmu Hukum FH UBB Jeanne Mannik menyampaikan, dengan adanya kerjasama ini mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi selama di bangku perkuliahan.

"Semoga dengan kerjasama yang terjalin ini, mahasiswa mengetahui tentang LPSK baik tentang tugas maupun wewenangnya. Mahasiswa nantinya juga diharapkan dapat belajar dari LPSK dalam bentuk magang, pencarian data untuk tugas terutama skripsi, dan mengadakan kegiatan seminar," ungkapnya. [Mg6]

Komentar Pembaca
Partai Gerindra Vokal Tapi Belum Terarah

Partai Gerindra Vokal Tapi Belum Terarah

SELASA, 23 OKTOBER 2018 , 13:00:00

Indonesia Berpotensi Jadi Mangkuk Pangan Asia

Indonesia Berpotensi Jadi Mangkuk Pangan Asia

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Prabowo-Sandi Fokus Revitalisasi Ekonomi Kerakyatan