Lihat Nih! Foto Kompaknya Paslon Pilkada Dari Babel Ikuti Tes Kesehatan

Politik  JUM'AT, 12 JANUARI 2018 , 22:35:00 WIB

Lihat Nih! Foto Kompaknya Paslon Pilkada Dari Babel Ikuti Tes Kesehatan

Salah Satu Foto Paslon Yang Beredar Saat Mengikuti Tes Kesehatan/IST

RMOL. Pasangan calon kepala daerah yang resmi mendaftarkan diri di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tiga kabupaten/kota di Bangka Belitung (Babel), hari ini (Jumat, 12/1) menjalani tes kesehatan yang difasilitasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) masing-masing daerah.
Tes kesehatan berlangsung di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Beberapa foto pun beredar di media sosial (medsos), tampak kompak pasangan calon di tiga pilkada dari Babel pada sela-sela tunggu antrian pada tes kesehatan.

Dikonfirmasi, Komisioner Divisi Sosialisasi, SDM dan Parmas Wahyu Guna menjelaskan, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 15/2017, RSPAD Gatot Subroto dipilih karena dianggap siap dan berpengalaman. Beberapa pilkada sebelumnya, rumah sakit tersebut juga menjadi rujukan untuk pemeriksaan kesehatan bagi pasangan calon.

Pemeriksaan yang bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) itu meliputi kondisi fisik dan psikologis pasangan calon akan dilangsungkan selama dua hari, hari ini akan dilakukan psikotes.

"Pemeriksaan bebas narkotika dan jasmani dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB diawali dengan pengarahan dari tim pemeriksa kesehatan RSPAD Gatot Subroto kepada paslon. Hasil pemeriksaan nanti diplenokan tim dokter, dan kami hanya menerima hasilnya. Jadi ini sangat netral," jelasnya kepada Kantor Berita RMOLBabel.

Menurut Wahyu, secara berurutan kehadiran pasangan di RSPAD Gatot Subroto yang hadir pertama Molen-Sopian, kedua Sarjulianto (datang duluan), Udin-Edison, Rinaldi (datang menyusul sendiri), terakhir Endang-Ismiryadi.

"Mereka diambil darahnya dalam keadaan puasa mulai Kamis (11/1) pukul 20.00 WIB serta diambil sample urine untuk pemeriksaan narkotika dan pemeriksaan lainnya. Setelah itu paslon makan pagi 1 jam kemudian diambil darah dalam keadaan setelah makan,"urainya.

Sementara pemeriksaan jasmani yang dilakukan meliputi syaraf, mata, jantung, paru, rontgen, THT, labor dan lainnya sesuai dengan SK 231 KPU RI tanggal 19 Desember 2017. Istirahat makan siang dan sholat Jumat kemudian akan dilanjutkan lagi selesai sholat Jumat. Perkiraan sore pemeriksaan akan selesai.

Kemudian, setelah seluruh pemeriksaan selesai akan dilaksanakan pleno Intern RSPAD. Baru kemudian dilaksanakan pleno bersama RSPAD, IDI, BNN serta KPU pada malam harinya perkiraan pukul 19.00 WIB mengenai hasil pemeriksaan narkotika dan jasmani. "Besok psikotes, pemeriksaan kesehatan rohani di RSPAD," tutupnya.

Untuk diketahui, tiga Pilkada di Babel diikutsertakan sebanyak 11 pasangan calon kepala daerah meliputi Pangkalpinang empat pasang, Kabupaten Bangka tiga pasang dan Kabupaten Belitung empat pasang. [Mg6]

Komentar Pembaca
Partai Gerindra Vokal Tapi Belum Terarah

Partai Gerindra Vokal Tapi Belum Terarah

SELASA, 23 OKTOBER 2018 , 13:00:00

Indonesia Berpotensi Jadi Mangkuk Pangan Asia

Indonesia Berpotensi Jadi Mangkuk Pangan Asia

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Prabowo-Sandi Fokus Revitalisasi Ekonomi Kerakyatan