Parpol Baru Panaskan Mesin Tiga Bulan Jelang Pileg

Politik  KAMIS, 11 JANUARI 2018 , 20:05:00 WIB

Parpol Baru Panaskan Mesin Tiga Bulan Jelang Pileg

Net

RMOL. Pandangan sebagian kalangan bahwa Pilkada 2018 akan menentukan hasil pileg dan pilpres pada 2019 nanti tidak sepenuhnya benar.
"Saya meyakini bahwa pilkada ini tidak terlalu ada korelasi di antara keduanya," kata pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago dalam diskusi 'Jawa Adalah Kunci: Berebut Kekuasaan di Tanah Jawa' di Cikini, Jakarta, Kamis (11/1).

Menurutnya, pilkada secara karakter memiliki perbedaan dengan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden. Pilkada lebih banyak ditentukan oleh parpol yang mendukung seorang calon. Berbeda dengan pileg yang lebih banyak mempertimbangan personalitas.

"Terutama untuk pileg ini kan memang sangat cair. Ada pertimbangan lain seperti kekeluargaan dan pertemanan pemilih dengan calon di samping memilih partai," jelas Pangi.

Pangi menyebut bahwa sebuah parpol akan mulai memanaskan mesin politiknya menjelang pelaksanaan pileg dan pilpres tahun depan. Dan bukan saat ajang Pilkada 2018 ini.

"Uji mesin parpol sesungguhnya akan terjadi pada tiga bulan sebelum pelaksanaan pilpres dan pileg," ujar Pangi yang juga direktur eksekutif Voxpol Center. [wah] 

Komentar Pembaca
Partai Gerindra Vokal Tapi Belum Terarah

Partai Gerindra Vokal Tapi Belum Terarah

SELASA, 23 OKTOBER 2018 , 13:00:00

Indonesia Berpotensi Jadi Mangkuk Pangan Asia

Indonesia Berpotensi Jadi Mangkuk Pangan Asia

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Prabowo-Sandi Fokus Revitalisasi Ekonomi Kerakyatan