Ombudsman Turun Pantau HET Beras Di Babel

Ekbis  RABU, 10 JANUARI 2018 , 13:50:00 WIB

Ombudsman Turun Pantau HET Beras Di Babel
RMOL. Ombudsman Perwakilan Bangka Belitung (Babel) sebagai lembaga negara pengawas pelayanan publik, malakukan koordinasi dengan Kepala Bulog Subdivre Bangka dan turun langsung ke pasar, minimarket dan toko di Pangkalpinang untuk memantau ketersediaan pasokan dan harga eceran tertinggi (HET) beras medium dan premium.
Hasil pantauan tim, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Babel Jumli Jamaluddin mengungkapkan, ketersediaan beras premium merek swasta di toko-toko kelontong dan pengecer pasar tradisional atau di pasar induk Pangkalpinang masih tergolong relatif stabil. "Hanya saja beras medium merek swasta yang relatif langka dan ketersediaan dari agen terputus-putus," terangnya kepada RMOLBabel, Rabu (10/1).

Sementara itu, ia menjelaskan bahwa menurut pengakuan para pedagang yang mereka temui, beras tersebut diperoleh dari agen atau distributor di Pangkalpinang. "Harga beras premium swasta yang diecer oleh toko-toko kelontong di pasar induk rata-rata masih dibawah HET yaitu Rp13.300. Sedangkan untuk harga beras medium swasta, dijual rata-rata dibawah HET yang diatur pemerintah yaitu Rp9.950," ungkapnya.

Hal yang mengejutkan terjadi saat tim Ombudsman memantau di mini market, jelas Jumli, berdasarkan pengecekan, HET beras premium dan medium di salah satu mini market justru dijual diatas HET yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Lanjutnya, setelah melakukan pemantauan di lapangan. Tim Ombudsman langsung berkoordinasi dengan Kepala Bulog Subdivre Bangka di Kantor Perum Bulog Subdivre Bangka di Pangkalpinang untuk mengetahui pasokan beras.

"Pasokan beras medium di gudang bulog cukup stabil dan kondusif. Saat ini terjadi kenaikan harga beras di pasaran, dan sesuai intruksi Menteri Perdagangan tanggal 22 Desember 2017, maka bulog diminta untuk melakukan Operasi Pasar dalam rangka stabilitas harga beras," tuturnya.

Ombudsman berkomitmen untuk terus melakukan pantauan dan berkoordinasi dengan Bulog Subdivre Bangka agar masyarakat dapat menikmati beras dengan kualitas yang baik dan harga sesuai HET yang telah ditentukan.

"Diharapkan betul-betul berjalan sesuai prosedur dan sasaran, sehingga masyarakat dapat memperoleh dan menikmati beras medium kualitas baik dari Bulog. Dan para pihak terkait juga supaya terus melakukan pengawasan dan pemantauan agar masyarakat dapat dengan mudah memperolehnya," pungkasnya. [Mg6]

Komentar Pembaca
Partai Gerindra Vokal Tapi Belum Terarah

Partai Gerindra Vokal Tapi Belum Terarah

SELASA, 23 OKTOBER 2018 , 13:00:00

Indonesia Berpotensi Jadi Mangkuk Pangan Asia

Indonesia Berpotensi Jadi Mangkuk Pangan Asia

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Prabowo-Sandi Fokus Revitalisasi Ekonomi Kerakyatan