Ditetapkan Tersangka, Kontraktor Ini Bawa Kasusnya Ke Praperadilan

Hukum  KAMIS, 04 JANUARI 2018 , 21:38:00 WIB

Ditetapkan Tersangka, Kontraktor Ini Bawa Kasusnya Ke Praperadilan

Ilustrasi/Net

RMOL. A'an Sukayat, tersangka yang ditetapkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka pada kasus proyek rehabilitasi DAS Desa Air Anyir, Jalan Lintas Timur, Kecamatan Merawang tahun 2014 ini menggugat ke Praperadilan. Direktur CV Johar Putra menilai penetapan dirinya sebagai tersangka tidak sah.
Humas Pengadilan Negeri (PN) Sungailiat, Narendra membenarkan permohonan praperadilan oleh A'an selaku Pemohon kepada Termohon yakni Kejari Bangka yang didaftarkan pada 31 Desember 2017.

"‎Dalam ha‎l ini dikuasakan kepada penasihat hukumnya, Fany Maulana, Saji Sunjaya dan Ahmad Jamaludin yang mana ketiganya mengajukan permohonan dan yang diajukan selaku Termohon adalah pihak Kejari Bangka," jelasnya kepada RMOLBabel, Kamis (4/1).

Dikatakan Narendra, dalam praperadilan tersebut, pihak Pemohon mengajukan permohonan kepada PN Sungailiat mengenai tidak sahnya penetapan tersangka atas Aan Sukayat oleh Kejari Bangka.

‎ Dan sesuai jadwal yang ada, sidang praperadilan berlangsung pada Selasa (9/1) pekan depan yang dipimpin oleh hakim tunggal, Benny Yoga Dharma.

Diberitakan sebelumnya, penetapan tersangka warga Sumedang, Provinsi Jawa Barat oleh Tim Pidsus Kejari Bangka disertai dengan penahanan kontrator tersebut ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tua Tunu Pangkalpinang, Senin (18/12/2017) yang lalu.

‎Menurut Kasi Pidsus Kajari Bangka MF Hasibuan, status tersangka As sesuai dengan surat perintah dimulainya penyidikan (Sprindik) oleh Kajari Bangka, Supardi pada 13 September 2017 tentang dugaan tindak pidana korupsi rehabilitasi DAS Hutan Lindung Pantai Rebo yang berlokasi di pantai Air Anyir, Kecamatan Merawang tahun 2014 oleh Dinas Kehutanan Bangka Belitung yang dikerjakan oleh CV Johar Putra.

Berdasarkan hasil penyidikan tersebut, kata Hasibuan pihaknya menemukan dua alat bukti yang sah dan melakukan gelar perkara yang dipimpin oleh Kajari Bangka dan diikuti oleh seluruh tim jaksa penyidik. Menurut dia, perbuatan tersangka As ini melanggar pasal 2 jo pasal 18 jo 55 pasal 3 Undang-undang pemberantasan tindak pidana korupsi dengan ancaman ‎20 tahun penjara. [Mg4]


Komentar Pembaca
Pemprov DKI Segera Cairkan Bonus Atlet Asian Games
Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 17:00:00

Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 17:00:00