Surat Terbuka Permohonan Jaya Suprana Kepada Gubernur Jateng

Nusantara  SELASA, 12 DESEMBER 2017 , 20:53:00 WIB

Surat Terbuka Permohonan Jaya Suprana Kepada Gubernur Jateng

Jaya Suprana/Net

RMOL. Pendiri Pusat Studi Kelirumologi Jaya Suprana membuat surat terbuka kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Surat terbuka yang dibuat Jaya Suprana itu berisi ucapan rasa bangga dia atas prestasi Jateng meraih penghargaan sebagai Provinsi Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2017.
Atas prestasi tersebut, dalam surat terbukanya, Jaya Suprana yang merupakan warga Jateng menyampaikan permohonan agar Gubernur Ganjar mau memenuhi aspirasi para petani pegunungan Kendeng yang kerap melakukan aksi penolakan terhadap pembangunan pabrik semen di wilayah mereka.

Aksi penolakan mereka sempat jadi sorotan setelah Patmi (48), salah satu peserta aksi dari rombongan petani Kendeng, meninggal dunia beberapa lama setelah melakukan aksi semen kaki di depan Istana Negara, Maret lalu.

Berikut surat terbuka yang ditulis Jaya Suprana untuk Gubernur Ganjar Pranowo tersebut:
 
Permohonan Kepada Gubernur Jateng
Oleh Jaya Suprana
   
Kepada Yang Terhormat Gubernur Jateng,  Bapak Ganjar Pranowo, dalam kesempatan ini saya menyampaikan ucapan selamat atas anugerah penghargaan Kementerian Hukum dan HAM RI yang disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi kepada Provinsi Jawa Tengah sebagai Provinsi Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2017.

Selain untuk tingkat provinsi, seluruh kabupaten kota di Jateng juga mendapat penghargaan serupa. Presiden Jokowi menegaskan bahwa penghargaan diberikan kepada daerah yang memiliki kepedulian HAM tinggi. Presiden Jokowi meminta penerapan HAM dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara terus ditingkatkan. Selain hak sipil dan hak politik, hak-sosial serta hak ekonomi warga negara juga harus terjamin.

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa kebijakan yang baik bukan dari seberapa banyak yang dilakukan oleh pemerintah, melainkan seberapa banyak yang dirasakan oleh masyarakat, terutama masyarakat bawah. 

Permohonan
Sebagai warga Jawa Tengah, saya merasa bangga atas anugerah penghargaan bagi Provinsi Jawa Tengah  sebagai Provinsi Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) 2017.

Terkait anugerah penghargaan tersebut, dengan penuh kerendahan hati saya memberanikan diri untuk mengajukan permohonan kepada Yang Terhormat Bapak Gubernur Jateng bukan untuk saya namun untuk para petani pegunungan Kendeng.

Saya memohon Bapak Gubernur Jateng berkenan mengundang masyarakat petani kawasan pegunungan Kendeng menghadap Bapak Gubernur Jateng untuk menyampaikan keprihatinan atas pengambilan tanah pertanian untuk kepentingan pembangunan dan operasional pabrik semen.

Saya tidak menguasai detail permasalahan maka lebih baik apabila para petani Kendeng sendiri yang langsung menyampaikannya kepada Bapak Gubernur Jateng sebagai tumpuan harapan mereka.

Atas perkenan Bapak Gubernur Jateng mengabulkan permohonan saya mengenai keprihatinan para petani Kendeng, saya mengucapkan terima kasih tak terhingga.

Salam hormat dari Jaya Suprana

 


Komentar Pembaca
JK, Peng-Peng Di Balik Impor Beras

JK, Peng-Peng Di Balik Impor Beras

JUM'AT, 19 JANUARI 2018 , 21:00:00

Mau Rumah DP 0 Rupiah? Ini Syaratnya

Mau Rumah DP 0 Rupiah? Ini Syaratnya

KAMIS, 18 JANUARI 2018 , 15:00:00

Anies Pencitraan Pakai Becak

Anies Pencitraan Pakai Becak

RABU, 17 JANUARI 2018 , 19:00:00

Memberi Hormat

Memberi Hormat

KAMIS, 17 AGUSTUS 2017 , 10:40:00

RABU, 17 AGUSTUS 2016 , 21:42:00

Buka IMT-GT Join Business Council Meeting 2017

Buka IMT-GT Join Business Council Meeting 2017

RABU, 27 SEPTEMBER 2017 , 09:16:00