Jaring Partisipan, Panwaslu Bateng Turun Ke Desa-desa

Politik  SENIN, 11 DESEMBER 2017 , 21:30:00 WIB

Jaring Partisipan, Panwaslu Bateng Turun Ke Desa-desa

Robianto/RMOLBabel

RMOL. Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) dalam waktu dekat akan memobiliasi kinerja hingga turun ke desa-desa guna menjaring partisipan menjelang pelaksanaan Pemilu 2019.
Demikian hal itu disampaikan oleh Ketua Panwaslu Bateng, Robianto kepada RMOLBabel, Senin (11/12) seusai rapat koordinasi (rakor) dengan stakeholder dalam rangka mendorong peran aktif masyarakat pada pengawasan pemilihan umum legislatif dan pemilihan umum presiden nanti serta berupaya menjaring partisipasi pemilih bersama dengan stakeholder terkait.

"Kita minta Panwaslu di kecamatan untuk melakukan pemetaan. Sedangkan yang bersifat eksternal, kita akan melakukan pengawasan terhadap verifikasi faktual untuk partai politik calon peserta pemilu 2019," jelas Robi.

Robi menambahkan, rakor ini bertujuan menyamakan persepsi yang berkaitan dengan tahapan-tahapan pemutakhiran data pemilih. "Ini kan sangat sentral, di daerah-daerah perbatasan, kemudian ada mata pilih ganda, pendatang. Yang hadir juga memiliki kapasitas, seperti Dukcapil, DKPU, kawan-kawan parpol, jadi mereka paham terkait tupoksinya masing-masing," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan dalam Rakor tersebut juga membahas peran pengawas seperti yang tertuang dalam UU Nomor 7 Tahun 2017. Bagi pengawas di tingkat Kabupaten juga difungsikan sebagai majelis persidangan pemilu yang berkaitan dengan dugaan pelanggaran administratif dan sengketa. "Dugaan pelanggaran yang seperti ini perlu kita sosialisasikan kepada stakeholder terkait," tegasnya. [Mg5]


Komentar Pembaca
Partai Gerindra Vokal Tapi Belum Terarah

Partai Gerindra Vokal Tapi Belum Terarah

SELASA, 23 OKTOBER 2018 , 13:00:00

Indonesia Berpotensi Jadi Mangkuk Pangan Asia

Indonesia Berpotensi Jadi Mangkuk Pangan Asia

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Prabowo-Sandi Fokus Revitalisasi Ekonomi Kerakyatan