Lahan Bekas TI Samping Kantor Gubernur Bakal Ditanami Sorgum

Daerah  JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 19:50:00 WIB

Lahan Bekas TI  Samping Kantor Gubernur Bakal Ditanami Sorgum

FOTO : Ist

RMOL.Lahan eks tambang timah yang berada disamping Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) atau tepatnya berada dibelakang Kantor Kementerian Agama Provinsi Babel, rencananya akan ditanami tanaman Sorgum.
Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai. Sorgum merupakan makanan pokok penting di Asia Selatan dan Afrika sub-sahara.

Tawaran ini disampaikan Iwan Pilliang, Penggiat Lingkungan saat mendampingi paparan PT Bumi Jaya Agung dihadapan Gubernur Babel, berkenaan dengan reklamasi lahan eks tambang timah di samping Kantor Gubernur Babel, dan di Belilik Kabupaten Bangka Tengah, Jumat (18/8).

Iwan menjaskan, kenapa Sorgum yang ditawarkan untuk ditanam di eks tambang tersebut, karena masa panen tanaman sorgum 3 bulan.

"Impor gandum kita sudah lebih dari 10 juta ton setahun. Jadi, Sorgum lebih sehat dari gandum. Bisa juga untuk pakan ternak. Berapapun produksi yang kita hasilkan dari Sorgum ini, sudah ada yang menampung yaitu Bogasari,” ungkap Iwan.

Mengenai tanahnya, kita buat cocok. Kemampuan lokal bisa membuat tanah yang akan di tanam Sorgum ini cocok,” tegas Iwan.

Hanya saja, kata dia, kerjasama yang diinginkan dengan PT Timah, yaitu duduk bersama, menghitung bersama. Khusus untuk reklamasi di lahan eks tambang samping kantor gubernur itu, masuk ke CSR.

Kenapa kami tidak lagi merekomendasikan sawit untuk ditanam di lahan eks tambang tersebut, karena negeri kitadimana nyiur melambai, dan kalau dilihat secara umum sekarang sudah ada gaya hidup ketogenic,” ujarnya.

Beni perwakilan PT Timah, Tbk, yang menangani bagian reklamasi lahan yang juga hadir dalam kesempatan itu, mengharapkan dukungan Gubernur terhadap rencana ini, karena ini bukan tanaman keras, jadi harus minta izin ke kementerian terkait terlebih dahulu. Apabila yang minta itu Pemda, maka sangat didukung oleh kementerian,” ujar Beni.

Beni pada kesempatan sama mengaku senang dengan adanya inisiator dari perusahaan-perusahaan seperti ini, sehingga keberhasilannya untuk reklamasi lahan eks tambang lebih terjamin. Kita inginkan tidak hanya satu lokasi di belilik saja, tapi juga daerah lainnya, kalau nanti sudah jalan,” imbuh Beni.

Setelah mendengarkan langsung tawaran dari PT Bumi Jaya Agung yang merupakan PT ternama dan jadi mitra BUMN, Gubernur Babel Dr. H. Erzaldi Rosman langsung menyambut positif.

Bahkan Gubernur dalam pertemuan tersebut langsung menginstruksikan OPD terkait untuk melakukan pertemuan lanjutan dalam waktu segera bersama-sama PT Timah dan PT Bumi Jaya Agung, sekaligus menyelesaikan permohonan ke kementerian terkait di Jakarta.

Apa yang bisa kita kerjakan, itu kerjakan dulu, silakan action. Saya itu mau cepat, tapi jangan melanggar aturan, dan aturan tetap kita kedepankan. Saya minta bulan Oktober 2017 mendatang sudah dimulai kegiatan reklamasi ini, seperti apa yang sudah dipetakan dari Pak Iwan dan PT Bumi Jaya Agung,” terang Gubernur.

Gubernur juga meminta kepada Pihak PT Timah, agar lahan eks tambang yang akan direklamasi itu, yaikni di samping Kantor Gubernur dan Desa Belilik Bangka Tengah, di cek dulu statusnya, apakah dibawah PT Timah atau milik siapa.

Nanti, dalam pelaksanaan reklamasi ini, kalau memang dalam perhitungannya, dana yang disediakan oleh PT Timah tidak masuk, kami Pemprov akan masuk didalamnya, misalnya kalau kita bisa menyiapkan 100 hektar untuk areal hijau pakan ternak, kita masuk disitu. Tetapi, karena sorgum, maka pakan ternaknya itu kita kombinasikan,” tandas Gubernur seperti dilansir humas.babelprov.go.id.

Namun, ditambahkan Gubernur, kalau ini terlaksana, jangan hanya menanam, tapi juga harus mengawasi.[ahd]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

SBY Lebih Suka Jokowi Dibanding Prabowo

SBY Lebih Suka Jokowi Dibanding Prabowo

JUM'AT, 03 NOVEMBER 2017 , 17:00:00

SABTU, 17 JUNI 2017 , 16:46:00

KAMIS, 15 JUNI 2017 , 20:19:00

Dahlan Bersama Pengurus SMSI

Dahlan Bersama Pengurus SMSI

KAMIS, 22 JUNI 2017 , 12:56:00