PT RBT Reklamasi Lahan Eks Tambang Timah

Sosial  SELASA, 15 AGUSTUS 2017 , 22:36:00 WIB

PT RBT Reklamasi Lahan Eks Tambang Timah

Foto/IST

RMOL. Lahan bekas penambangan timah di kabupaten Bangka dapat diolah menjadi lahan pertanian, diantaranya kegiatan pesawahan seperti yang dilakukan kelompok tani di lingkungan Matras Sungailiat.
Ketika Launching reklamasi berkelanjutan PT Refinet Bangka Tin (RBT ) di desa Penyamun, Kecamatan Pemali, Selasa (15/8), Bupati Bangka Tarmizi Saat menjelaskan, lahan pertanian bekas penambangan timah dapat diolah untuk tanaman padi sawah yang dapat menghasilan dari semula 3 ton, untuk tahun ini dapat panen lebih 4 ton.

"Lahan bekas penambangan dapat diolah kembali, cukup dengan pupuk organik dan kapur itu bisa menghasilkan,” ujar Tarmizi.

Menurutnya, lahan bekas penambangan timah dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian dengan tanaman apa saja, namun penggunaan lahan harus melalui proses diantaranya bersinergi dengan kegiatan peternakan dan perikanan.

Dikatakannya, pengembangan lahan persawahan diantaranya lahan bekas penambangan timah dilakukan Pemkab Bangka bekerjasama dengan TNI, serta kedepannya juga akan dilakukan bersama Polri. Lahan reklamasi yang dilakukan perusahan pertambangan timah tersebut seluas 50 hektar yang akan ditanam berbagai jenis pohon dan buah-buahan.

Kesempatan itu Gubernur Babel Erzaldi Rosman mengatakan, kegiatan reklamasi yang dilakukan PT RBT harus memiliki komitmen serta memiliki manfaat kepada masyarakat. Banyak reklamasi yang kita lakukan namun selalu gagal ditengah jalan, karena rekalamsi yang dilakukan setelah ditanam tidak diurus,” ungkap Erzadi.

Erzaldi menyambut baik reklamasi yang dilakukan PT RBT dengan metode yang dilakukan, juga agar dikoordinasikan kepada Pemda. Reklamasi yang dilakukan agar mendapat manfaat seluruh masyarakat, tidak hanya menanam pohon namun ada juga komoditi yang ditanam menghasilkan dalam waktu tiga bulan,” harapnya.

Sementara itu Menteri Kehutanan dan Lingkugan Hidup diwakili Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Hilman Nugroho mengatakan, apa yang dilakukan PT RBT sudah komplit dari SDM, lahan, dana dan teknologi namun dalam melakukan reklamasi dibutuh komitmen semua pihak dari rakyat, pengusaha dan birokrasi untuk mengurangi lahan kritis.

Dijelaskan Hilman, dengan adanya  lahan yang hijau nantinya akan memberikan suasana yang nyaman dan teduh dan memberikan kehidupan serta kesejahteraan masyarakat. Diharapkannya, rekalamasi yang dilakukan PT RBT dapat menanam jenis pohon asli Babel, selain jenis buah-buahan.

Launching reklamasi Green For Good yang dilakukan PT RBT juga ditandai dengan penanaman pohon oleh Gubernur Kepulaua Bangka Belitung, Kapolda Kepulauan Bangka, Danrem 045 Garuda Jaya, Bupati Bangka dan para pejabat lainnya baik sipil maupun TNI dan Polri. [ana]


Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

SBY Lebih Suka Jokowi Dibanding Prabowo

SBY Lebih Suka Jokowi Dibanding Prabowo

JUM'AT, 03 NOVEMBER 2017 , 17:00:00

SABTU, 17 JUNI 2017 , 16:46:00

KAMIS, 15 JUNI 2017 , 20:19:00

Dahlan Bersama Pengurus SMSI

Dahlan Bersama Pengurus SMSI

KAMIS, 22 JUNI 2017 , 12:56:00